Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162329
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorDjamaludin, Md.
dc.contributor.authorDeiner, Fadilah
dc.date.accessioned2025-06-05T08:51:24Z
dc.date.available2025-06-05T08:51:24Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162329
dc.description.abstractFurnitur atau sering juga disebut dengan kata mebel adalah produk yang termasuk dalam kelompok kebutuhan rumah tangga, baik rumah tangga individu maupun rumah tangga organisasi perusahaan. Kebutuhan furnitur saat ini berkembang sangat pesat. Kebutuhan akan produk funitur saat ini tidak hanya dari segi fungsinya saja, namun juga dibutuhkan dari sudut pandang aspek tampilan/desain dan mode/fashion. Persaingan industri furnitur semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan furnitur di Indonesia. Industri furnitur di Indonesia saat ini cenderung lebih banyak berbahan dasar kayu, oleh sebab itu ketersedian bahan baku kayu semakin menipis. Salah satu alternatif sebagai bahan pengganti kayu adalah bambu. Penggunaan bambu sebagai bahan alternatif pengganti kayu diharapkan dapat mengurangi kegiatan penebangan hutan, Potensi bambu membuat peluang pasar industri furnitur bambu di Indonesia berkembang, karena ketersediaan bahan baku bambu yang ada cukup besar. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui bahwa bambu mampu memberikan nilai tambah yang lebih besar apabila digarap secara maksimal. Pengetahuan, kesukaan (preferensi) dan kebutuhan konsumen merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melalukan pembelian suatu produk. Mengetahui keinginan dan kebutuhan keonsumen terhadap produk yang ditawarkan merupakan hal penting bagi perusahaan untuk dapat bersaing dan meningkatkan market share perusahaan. Untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat, baik dari segi harga, produk, tempat, dan promosi. Meskipun keputusan pembelian suatu barang/jasa berada ditangan konsumen, namun motivasi dan perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh produsen atau pemasar melalui promosi/strategi pemasaran yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi pengetahuan dan preferensi konsumen terhadap produk furnitur bambu, (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk furnitur bambu, dan (3) memformulasikan strategi pemasaran yang tepat untuk industri furnitur bambu. Penelitian ini dilakukan di Bogor dan di toko-toko furnitur bambu, di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu bulan Juni 2010 sampai dengan bulan Agustus 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode survei. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber. Pengambilan sampling dilakukan secara non probability sampling dengan menggunakan teknik Convenience Sampling dan Snow ball sampling. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen akhir, yaitu responden umum dan responden yang datang ke toko furnitur bambu, dengan kriteria dewasa/telah berkeluarga. Pengambilan jumlah....dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Pengetahuan, Preferensi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Furnitur Bambuid
dc.subject.keywordPengetahuan Konsumenid
dc.subject.keywordPreferensiid
dc.subject.keywordKeputusan Pembelianid
dc.subject.keywordFurnitur Bambuid
dc.subject.keywordKonjoinid
dc.subject.keywordRegresi Logistikid
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordAnalisis Tingkat Kepentinganid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4311CUT.pdf
  Restricted Access
2.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.