Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162254
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Hermanto
dc.contributor.advisorHermawati, Wati
dc.contributor.authorRahardjo, Purnomo Dana
dc.date.accessioned2025-06-05T07:15:50Z
dc.date.available2025-06-05T07:15:50Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162254
dc.description.abstractPerkembangan perekonomian di Indonesia tidak dapat terlepas dari tiga kelompok usaha yang menjadi pilar ekonomi Nasional. Pilar ekonomi yang dimaksudkan adalah BUMN/D, Swasta dan Koperasi. Koperasi merupakan lembaga yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional dan kerjasama antar individu masyarakat, dan merupakan salah satu lembaga ekonomi yang cocok diterapkan di Indonesia. Hal tersebut dipengaruhi oleh sifat masyarakat Indonesia yang lebih mengutamakan kekeluargaan dan kolektif. Koperasi, baik sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam tata perekonomian nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Koperasi didefinisikan sebagai suatu badan usaha yang beranggotakan badan hukum. Dengan melandaskan kegiatannya yang berdasarkan prinsip Koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan (Statistik Perkoperasian, 2008). Penelitian ini bertujuan untuk (a) Menganalisis kondisi PT. Bharakerta saat ini baik internal (kekuatan dan kelemahan) maupun eksternal (pelwang dan ancaman terutama yang berkaitan dengan kemitraan perusahaan (b) Menganalisis beberapa alternatif strategi pengembangan kemitraan PT. Bharakerta ke depan yang lebih efektif dan efisien. (c) Menentukan prioritas strategi apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemitraan FT. Bharakerta yang berkesinambungan Penelitian ini dilakukan selama dua bulan di PT. Bharakerta. Waktu penelitian adalah pada bulan Agustus sampai September 2010. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus dalam bentuk deskriptif. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diambil dan diolah dari hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak internal dan eksternal perusahaan. Data-data sekunder diambil dari data-data yang telah tersedia di perusahaan maupun data yang telah dipublikasikan oleh institusi lain, media ceuk maupun on line. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (a) observasi, (b) kuesioner, (c) wawancara, (d) stadi pustaka. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling Responden terdiri tujuh orang dari internal dan eksternal PT. Bharakerta Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis internal dan ekstemal yang dilanjutkan dengan analisis SWOT....dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleAnalisis Strategi Pengembangan Pt.Bharakerta Sebagai Unit Usaha Dari Induk Koperasi Kepolisianid
dc.subject.keywordKemitraanid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E31PDR11.pdf
  Restricted Access
8.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.