Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162250
Title: Analisis Efektifitas Sistem Informasi dan Kinerja Pengguna Pada Sistem Informasi dan Manajemen Pertanahan Nasional (Simtanas) Di Kantor Pertanahan
Authors: Suroso, Arif Imam
Windayana, Suyus
Buchari, Arli
Issue Date: 2011
Publisher: IPB University
Abstract: Konsep kepemerintahan yang baik (good governance) merupakan isu pokok dewasa ini dalam pengelolaan administrasi publik untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sehingga perlunya paradigma baru dalam menetapkan nilai-nilai pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan pelayanan. Perubahan dilakukan untuk mendorong peningkatan kinerja pemerintah. Keadaan ini mengharuskan pemerintah menciptakan organisasi yang befokus kepada pelayanan prima, standar pelayanan dan pengukuran kinerja manajemen. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat berkaitan dengan pelayanan maka pemerintah harus melaksanakan proses transformasi menuju e-government. Transformasi menuju e-government diperkuat dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2001 Tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia dan Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Kebijakan tersebut merupakan payung bagi seluruh kebijakan teknis operasional di bidang e-government. Pengembangan e-government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Untuk memulai proses transformasi menuju e-government, sejak tahun 1997 Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyelenggarakan SIMTANAS dimana kegiatan ini hasil kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Spanyol di bidang teknologi informatika. SIMTANAS di Kantor Pertanahan menjadi salah satu fasilitas utama organisasi dalam menghasilkan informasi yang berkualitas yang sekaligus menjadi salah satu strategi yang mendukung tercapainya tujuan organisasi. SIMTANAS di Kantor Pertanahan sudah menjadi kegiatan operasional sehari-hari di kantor pertanahan, dimana digunakan oleh pegawai BPN sebagai pengguna akhir untuk melakukan kegiatan pelayanan. Efektifitas sistem informasi pada implementasi SIMTANAS di Kantor Pertanahan harus memberikan banyak manfaat dalam menunjang kualitas dan optimalisasi kinerja pegawai dan kinerja organisasi. Semakin efektif sistem informasi pada implementasi SIMTANAS di Kantor Pertanahan maka diharapkan kinerja pengguna akhir akan meningkat. Oleh karena itu, untuk mengetahui efektifitas sistem informasi dan kinerja pengguna maka perlu untuk dilakukan Analisis Efektifitas Sistem Informasi dan Kinerja Pengguna pada Sistem Informasi dan Manajemen Pertanahan Nasional di Kantor Pertanahan. Melalui analisis ini diharapkan diperoleh informasi mengenai sejauh mana keberhasilan pencapaian efektifitas sistem informasi tersebut dan sejauh mana mendukung kinerja pengguna sehingga menjadi tolak ukur untuk meningkatkan kualitas sistem di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisa kondisi efektifitas sistem informasi dan kinerja pengguna pada implementasi SIMTANAS di Kantor Pertanahan; (2) Menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas sistem informasi dan kinerja pengguna dengan adanya implementasi SIMTANAS di Kantor Pertanahan; (3) Memberi rekomendasi kepada BPN untuk meningkatkan efektifitas sistem informasi pada implementasi SIMTANAS di Kantor Pertanahan yang ....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162250
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R4210ARB.pdf
  Restricted Access
8.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.