Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162190
Title: Analisis Brand Equity Jamu Anti Masuk Angin Kemasan Sachet Di Kota Bogor
Authors: Yuliati, Lilik Noor
Djamaludin
Handayani, Nur
Issue Date: 2010
Publisher: IPB University
Abstract: Saat ini, trend pengobatan herbal telah banyak dilirik masyarakat sebagai alternatif penyembuhan penyakit. Salah satu penyakit yang sudah lama menjadi fenomena bagi masyarakat Indonesia adalah Masuk Angin. Fenomena ini mendorong berbagai industri jamu membuat produk jamu anti masuk angin. Respon masyarakat terhadap jamu anti masuk angin ternyata cukup bagus, sehingga mendorong lahirnya berbagai merek baru jamu anti masuk angin. Adanya standarsdisasi jamu anti masuk angin ke dalam OHT (Obat Herbal terstandar) juga mendorong perkembangan jamu yang pada awalnya kurang diterima masyarakat sebagai penyembuh dan pencegah penyakit, mulai diminati oleh masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Jamu untuk mengobati masuk angin merupakan salah satu pasar OHT yang sedang berkembang, industri nasional mengunggulkan produk tersebut sebagai produk ekspor. Antangin, Bintangin, Orangin, dan Tolak Angin merupakan merek jamu anti masuk angin kemasan sachet yang beredar di Bogor. Keempat merek memiliki manfaat dalam mengobati masuk angin. Produk terkemas dalam sachet dan berbentuk cairan. Berbagai karakteristik konsumen dalam memilih merek jamu anti masuk angin dan Keempat merek tentu saja memiliki tingkatan ekuitas merek yang berbeda di masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, analisis karakteristik demografi dan ekuitas merek penting untuk dianalisis guna memperoleh calon pembeli potensial yang tertarget dan kegiatan-kegiatan pemasaran yang perlu dilakukan. Dengan demikian, perumusan masalah pokok penelitian ini adalah Bagaimana karakteristik demografi konsumen jamu anti masuk angin kemasan sachet di Kota Bogor?, Bagaimana keragaan jamu anti masuk angin kemasan sachet di Kota Bogor? Bagaimana hubungan antara karakteristik demografi konsumen dengan ekuitas merek jamu anti masuk angin kemasan sachet di Kota Bogor?; Bagaimana kontribusi peubah-peubah ekuitas merek produk jamu anti masuk angin kemasan sachet di Kota Bogor?; Bagaimana implikasi manajerial untuk merek jamu anti masuk angin kemasan sachet yang dianalisis? Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakteristik demografi konsumen jamu anti masuk angin di Kota Bogor, menganalisis keragaan jamu anti masuk angin kemasan sachet di Kota Bogor, menganalisis hubungan antara karakteristik demografi konsumen dengan ekuitas merek jamu anti masuk angin kemasan sachet di Kota Bogor, menganalisis kontribusi peubah-peubah ekuitas merek produk jamu anti masuk angin di Kota Bogor; merumuskan implikasi manajerial pemasaran untuk merek jamu anti masuk angin yang dianalisis. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara menggunakan kuesioner kepada 140 orang responden. Data sekunder diperoleh dengan cara mengumpulkan data dan informasi dari kelurahan, BPS, media cetak, jurnal, dan internet. Kota Bogor merupakan wilayah dengan kondisi iklim yang memiliki curah hujan tinggi, dengan demikian masyarakat Bogor memiliki potensi terkena masuk angin, Sampel responden menggunakan purposive sampling. Pemilihan Kecamatan Bogor Barat didasarkan jumlah penduduk terbanyak dibandingkan kecamatan.....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162190
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R37NUH10.pdf
  Restricted Access
9.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.