Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162120
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorGumbira-Sa'Id, E
dc.contributor.advisorHermawati, Wati
dc.contributor.authorPuspita, A.A.A Ratih
dc.date.accessioned2025-06-05T07:06:25Z
dc.date.available2025-06-05T07:06:25Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162120
dc.description.abstractPotensi alam Indonesia mendukung pengembangan industri obat dari bahan tumbuhan (produk herbal). Tercatat 30.000 jenis tumbuhan yang hidup di Indonesia dan hanya kurang dari 1.000 jenis yang diketahui berkhasiat sebagai obat. Dari 1.000 jenis tersebut hanya sekitar 300 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh industri jamu dan 50 spesies telah dibudidayakan secara komersial. Obat alami di Indonesia belum maju dalam hal mutu, penguasaan pasar dan industrinya. Hal tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. Faktor intermal meliputi filosofi pengembangan obat asli Indonesia yang belum terbangun dan pola pengadaan bahan baku (agroindustri tanaman obat) yang belum berkembang, sehingga potensi yang ada belum tergarap dengan maksimal. Di lain pihak, kendala ekstemal meliputi pesatnya perkembangan industri herbal di berbagai negara baik Asia maupun Eropa, yang berakibat membanjimya produk luar negeri di pasar lokal dengan mutu dan kemasan yang lebih baik. Persaingan bisnis sangat kompetitif di era globalisasi saat ini, mengharuskan perusahaan untuk menemukan berbagai Inovasi dalam menciptakan dan memberikan nilai tambah produk bagi pelanggan. PT. Liza Herbal International (LHI) adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri herbal dengan merek Dr.Liza. Perusahaan tersebut memfokuskan diri untuk mengembangkan produk dan jasa herbal. Keinginan untuk memperluas pasar menuntut perusahaan untuk mampu melakukan inovasi dalam penghadapi persaingan di industri herbal. Keberadaan perusahaan sebagai pendatang baru di industri herbal membutuhkan kemampuan Liza Herbal bersaing dengan produsen obat herbal yang lebih dahulu dikenal dan memiliki modal yang lebih besar. Upaya yang dapat dilakukannya adalah meningkatkan pelayanan dengan pelanggan dan mempererat kerjasama dengan pemasok. Mendukung hal tersebut perlu dilakukan kajian terhadap kemitraan pada PT. LHI sebagai produsen herbal dengan pemasok dan pelanggan. Penelitian ini diharapkan memperoleh altenatif strategi kemitraan yang paling tepat bagi perusahaan dalam upaya meningkatkan penerapan hasil inovasi yang mampu meningkatkan daya saing perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menentukan faktor-faktor pendukung. sumber daya, produk, dan tujuan Liza Herbal bermitra dengan pemasok dan pelanggan (2) Menilai kepentingan relatif masing-masing elemen dalam bermitra dengan pemasok dan pelanggan dan, (3) Memberikan altematif strategi pelaksanaan kemitraan dengan pemasok dan pelanggan yang dapat meningkatkan penerapan hasil inovasi dalam upaya meningkatkan daya saing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan studi kasus karena mempelajari masalah yang terjadi di PT. Liza Herbal International, yaitu dengan mengidentifikasi kemitraaan yang ada antara perusahaan dengan pemasok dan pelanggan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan atau observasi langsung kebijakan perusahaan dalam melakukan kemitraan dengan pemasok dan pelanggan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuesioner kepada .....dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleKajian Kemitraan Untuk Meningkatkan Penerapan Hasil Enovasi Perusahaan Studi Kasus Di Pt Liza Herbal Internationalid
dc.subject.keywordKemitraanid
dc.subject.keywordPemasokid
dc.subject.keywordPelangganid
dc.subject.keywordPt Liza Herbal Internationalid
dc.subject.keywordAnalytical Hierarchy Process (Ahp)id
dc.subject.keywordAnalisis Swotid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R38AAA09.pdf
  Restricted Access
7.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.