Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162109
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSailah, Illah
dc.contributor.advisorMoelyadi
dc.contributor.authorEfriyanti, Nety Dian
dc.date.accessioned2025-06-05T07:05:29Z
dc.date.available2025-06-05T07:05:29Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/162109
dc.description.abstractPermasalahan yang mendasari penelitian ini adalah peranan yang sebelumnya diikuti oleh Kepala Tata Usaha (KTU) apakah telah sesuai dengan keinginan serta tuntutan profesionalisme pekerjaan dan tantangan di masa depan, pelatihan apa yang dibutuhkan dan ada atau tidaknya korelasi antara pelatihan dengan kinerja menurut persepsi KTU. Dari perumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi KTU terhadap pelatihan yang telah diikuti, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan KTU, serta mengetahui korelasi antara pelatihan yang pernah diikuti dengan kinerja KTU menurut persepsi KTU. Sebelum dilakukan penelitian ini, terlebih dahulu diidentifikasi kondisi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik KTU. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2008 sampai Januari 2009 bertempat di Institut Pertanian Bogor. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey. Data menggunakan data primer dan data sekunder, dengan teknik penentuan responden secara sensus seluruh Kepala Tata Usaha (KTU) fakultas maupun departemen yang ada di lingkungan IPB. Namun responden yang mengisi kuesioner hanya 75% dari total KTU fakultas dan 71% dari total KTU departemen. Analisis kebutuhan pelatihan menggunakan metode Training Needs Assessment Tools (INA-T). Persepsi responden terhadap pelatihan dilakukan dengan menggunakan teknik rentang kriteria, sedangkan korelasi antara pelatihan dengan kinerja menggunakan analisis korelasi rank spearman. Pada penelitian ini, KTU fakultas sudah memiliki aspek kompetensi yang tinggi ketika bekerja, yaitu dalam hal aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Aspek kognitif yang dimiliki oleh KTU fakultas yaitu dalam hal pengetahuan dan pemahaman yang terkait dengan tupoksi sebagai KTU fakultas seperti pengetahuan mengenai prosedur pelaksanaan administrasi fakultas dalam bidang penjaminan mutu penyelenggaraan akademik, pelayanan umum, pengetahuan dalam mengkoordinasikan kegiatan administrasi dengan departemen, serta proses penataan dan pengembangan penjaminan mutu akademik. Pada aspek afektif, KTU fakultas sudah memiliki nilai yang tinggi, yaitu sikap disiplin, rapi, dan kreatif dalam bekerja. Selain itu, KTU fakultas sudah berperilaku berlandasakan spiritual dan berorientasi melayani dalam bekerja. Dalam aspek psikomotorik, KTU fakultas juga sudah memiliki nilai yang tinggi, seperti ketrampilan dalam membuat tugas-tugas administrasi yang berkaitan dengan penjaminan mutu kegiatan administrasi akademik dan ketrampilan dalam menyelesaikan tugas administrasi fakultas. IPB Unis Sama halnya dengan KTU fakultas, KTU departemen juga sudah memiliki nilai yang tinggi pada aspek kompetensi yang seharusnya diterapkan dalam bekerja. Aspek kognitif yang digunakan pada penelitian ini, yaitu pengetahuan tentang prosedur administrasi perkuliahan di departemen, pengetahuan administrasi bidang penelitian, pengabdian masyarakat, pelayanan administrasi.....dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titleAnalisis Kebutuhan Pelatihan Kepala Tata Usaha (Ktu) Di Lingkungan Institut Pertanian Bogor (Ipb)id
dc.subject.keywordIpbid
dc.subject.keywordOtonomiid
dc.subject.keywordAnalisis Kebutuhan Pelatihanid
dc.subject.keywordKepala Tata Usahaid
dc.subject.keywordTraining Need Assesment Tools (Tna-T)id
dc.subject.keywordAnalisis Persepsiid
dc.subject.keywordRank Spearmanid
dc.subject.keywordAnalisis Rentang Kriteriaid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R38NDE09.pdf
  Restricted Access
7.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.