Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161997
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorFahmi, Idqan
dc.contributor.authorSuminar, Kartika Indah
dc.date.accessioned2025-06-05T06:40:22Z
dc.date.available2025-06-05T06:40:22Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161997
dc.description.abstractBeragam jenis aliran musik mewarnai pasar untuk memberikan alternatif pada masyarakat Aliran musik tersebut tercipta akibat pengaruh budaya dan kebiasaan kelompok masyarakat tertentu. Musik adalah bahasa universal yang dapat dimengerti oleh semua orang, musik juga menyuarakan isi hati pemusik yang ingin mengeluarkan dan membagi apa yang dirasakan kepada pendengar musi Ketika musik diciptakan untuk gembira, pendengar musik dapat meningkap kegembiraan dari musik tersebut. Musik merupakan sesuatu bentuk intangible assels yang dapat didengar oleh manusia. Agar dapat didengar secara berulang maka musik pada saat ini biasanya direkam dalam bentuk compact disc(CD) atau kaset Berdasarkan laporan keuangan PT XYZ, dari tahun 2002 hingga tahun 2004 telah terjadi penurunan penjualan (sales) yang semakin tajam dari tahun ke tahun karena semakin ketatnya persaingan di industi rekaman. Hal tersebut berbanding terbalik jika dilihat dari biaya promosi yang harus dikeluarkan oleh PT XYZ pada periode yang sama untuk meningkatkan penjualan. Pada tahun 2002-2004, PT XYZ sebagai salah satu perusahaan rekaman di Indonesia mengeluarkan biaya promosi compact disc dan kaset rata-rata sebesar 11,74 persen dari total penjualan kaset (net sales). Apabila dibandingkan antara biaya promosi dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah pajak, maka bisye promosi kaset yang ditanggung oleh perusahaan rekaman PT XYZ rata-rata sebesar 69.83 persen dari total keuntungan yang diperoleh perusahaan setelan pajak untuk tahun 2002-2004 Berdasarkan perbandingan biaya promosi dan pangsa pasar empat perusahaan terbesar dalam industri rekaman di Indonesia tahun 2004, PT. CDE menganggarkan biaya promosinya sebesar 9,30 persen dari total penjualannya dan memperoleh pangsa pasar sebesar 27.06 persen. Sedangkan PT. XYZ menganggarkan biaya promosinya sebesar 14,61 persen dari total penjualan dan memperoleh pangsa pasar hanya sebesar 33,26 persen. Dengan anggaran promosi PT XYZ sebanyak 157,15 persen dibandingkan anggaran promosi PT. COE tetapi pangsa pasar yang diperoleh PT. XYZ hanya sebesar 122,93 persen bandingkan pangsa pasar PT. CDE Hal itu menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh PT. XYZ belum seefektif yang dilakukan oleh PT. CDE Berdasarkan uraian di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana preferensi konsumen terhadap sumber informasi mengenai produk rekaman musik? (2) Bagaimana respon konsumen dalam menerima stimulus eksternal, disesuaikan dengan karakteristik konsumen?(3) Bagaimana efektivitas kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT XYZ dalam meningkatkan penjualan produk rekaman yang dihasilkan? (4) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi efektivitas kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT XYZ sebagai perusahaan rekaman? (5) Bagaimanakah strategi untuk meningkatkan efektivitas kegiatan promosi iklan yang dilakukan oleh PT XYZ? Secara rinci, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Menganalisis preferensi konsumen terhadap sumber informasi mengenai produk rokaman musik (2) Menganalisis respon konsumen dalam menerima stimulus ekstemal disesuaikan dengan karakteristik konsumen (3) Menganalisis ...dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Efektivitas Promosi Perusahaan Rekaman Pt.Xyz Melalui Pendekatan Evaluasi Preferensi Konsumen dan Promotion Expenditureid
dc.subject.keywordMusikid
dc.subject.keywordProduk Rekaman Musikid
dc.subject.keywordEfektivitas Promosiid
dc.subject.keywordBiaya Promosiid
dc.subject.keywordAnalisis Regresiid
dc.subject.keywordSurveyid
dc.subject.keywordPreferensi Konsumenid
dc.subject.keywordBogorid
dc.subject.keywordPengunjung Toko Musikid
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E2508KIS.pdf
  Restricted Access
57.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.