Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161990
Title: Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pemasang Iklan Majalah Trubus
Authors: Sumarwan, Ujang
Daryanto, Heny K.
Widyastuti, Yustina Erna
Issue Date: 2008
Publisher: IPB University
Abstract: Krisis moneter yang melanda Indonesia mulai tahun 1997 menyebabkan banyak sektor usaha yang terguncang, bahkan bangkrut. Namun, sebaliknya di sektor agribisnis mengalarni peningkatan usaha. Peningkatan usaha di bidang agribisnis tersebut melibatkan banyak pelaku agribisnis sehingga terjadi kompetisi di antara mereka. Salah satu upaya dari pelaku bisnis untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan adalah dengan melakukan promosi, antara lain dengan beriklan di media secara efektif. Majalah merupakan salah satu media yang digunakan untuk beriklan komoditas pertanian. Sejak dikeluarkannya UU RI No. 32 Tahun 2002 tentang penyiaran menyebabkan bisnis media berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan lahirnya berbagai media cetak dan media elektronik yang mencoba memenuhi pasar dengan berbagai segmen dan tema. Bidang pertanian dalam arti luas menjadi salah satu tema yang menarik dan diminati investor media massa. Kecenderungan ini dapat terlihat dari munculnya beberapa media massa, baik majalah, koran. maupun tabloid, yang mengambil tema pertanian sebagai bidang garapannya. Dengan semakin mudahnya izin penerbitan media massa maka konsumen pemasang iklan mempunyai banyak pilihan untuk mengiklankan produknya di media cetak. Pelayanan terhadap konsumen iklan menjadi salah satu prioritas tindakan strategis perusahaan. Konsumen pemasang iklan adalah salah satu konsumen penting bagi suatu penerbit majalah karena memberikan kontribusi omnet yang tidak sedikit. Penerbitan media massa baru yang mengambil tema bersinggungan dengan majalah Trubus dapat menjadi pesaing dalam mendapatkan konstumen pemasang iklan. Walaupun pengaruh perpindahan konsumen pemasang iklan Trubus ke media massa lain belum begitu berpengaruh, tetapi untuk jangka panjang loyalitas konsumen harus dijaga dengan sebaik-baiknya PT Trubus Swadaya dan PT Trubus Media Swadaya secara bersama-sama harus menjaga loyalitas konsumen pemasang iklan majalah Trufus. Selama ini, belum pernah dilakukan survei konsumen pemasang iklan majalah Trubur secara khusus Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil perusahaan pemasang iklan majalah Trabus berdasarkan aspek demografi dan perilaku, menganalisis variabel-variabel kepuasan konsumen pernasang iklan di majalah Trubex menganalisis pengaruh variabel indikator terhadap dimensi kepuasan, pengaruh dimensi kepuasan terhadap kepuasan, dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen pemasang iklan di majalah Trubus, serta memberikan usulan implikasi manajerial untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen pemasang iklan Trubus. Penelitian mengenai Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pemasang Iklan Majalah Trubus ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan September 2007 dengan mengambil lokasi di di PT Trubus Swadaya di Cimanggis dan PT Media Trubus Swadaya di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Sürvei konsumen pemasang iklan dilakukan pada pemasang iklan yang berlokasi....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161990
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E2408YEW.pdf
  Restricted Access
43.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.