Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161639
Title: “Product Profiling” Berbagai Varian Mie Instan Dari Dua Top Brand Mie Instant Indonesia Menggunakan Metoda RATA (Rate All That Apply)
Authors: Taqi, Fahim Muchammad
Issue Date: Dec-2024
Publisher: Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan
Abstract: Mi instan sangat diminati di Indonesia utamanya oleh masyarakat perkotaan, salah satunya adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Golongan ini bahkan menjadikan mi instan sebagai pengganti pangan pokok nasi. Penelitian ini bertujuan menggali informasi mengenai profil sensori mi instant serta intensitasnya, dan mengkaji tingkat kesukaan konsumen terhadap berbagai varian mi instant untuk dijadikan acuan dalam memperbaiki atau mengembangkan produk mi instan generasi selanjutnya. Metode yang digunakan adalah metode Rate-All-That-Apply (RATA) dan rating hedonik. Sampel yang digunakan adalah mi dengan varian rasa goreng original, kari ayam, soto mi, goreng ayam bakar limau, dan goreng korean cheese buldak. Hasil pengujian sensori menggunakan metode RATA menunjukkan, sampel indomi goreng original didominasi oleh atribut pedas, aroma kecap, rasa manis, oily aftertaste, dan glossy. Sampel indomi kuah kari ayam didominasi oleh atribut aroma kari, tekstur lembut dan licin, serta rasa asin. Sedangkan sampel indomi kuah soto mi didominasi oleh atribut rasa asam, rasa umami, warna kuning, aroma soto, dan tekstur kenyal. Untuk sampel mie sedap goreng original didominasi oleh warna kuning kecoklatan, rasa umami, mouthfeel bawang, dan aftertaste bawang. Sampel mi sedap goreng ayam bakar limau didominasi oleh aroma daun jeruk, mouthfeel daun jeruk, dan aftertaste daun jeruk. Dan terakhir sampel mi sedap goreng korean cheese buldak didominasi oleh aftertaste pedas, mouthfeel pedas, aroma keju, dan warna kuning kemerahan. Pada merek Indomi, varian rasa goreng original merupakan varian rasa yang paling disukai oleh responden dan panelis. Sedangkan merk mi sedap varian Ayam bakar limau merupakan varian dengan tingkat kesukaan paling tinggi menurut hasil uji rating hedonik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161639
Appears in Collections:Research Report

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Laporan Penelitian Mandiri Profiling Product Instant Noodle-signed.pdfLaporan Penelitian2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.