Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161336
Title: Analisis Faktor yang Memengaruhi Genrasi Z dalam Keputusan Pembelian Restoran Makanan Jepang Berlabel Halal
Other Titles: Analysis of Factors Influencing Generation Z in Purchasing Decisions for Halal Labeled Japanese Food Restaurants
Authors: Beik, Irfan Syauqi
Ramdhan, Abdul Rauf
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia memiliki potensi sektor industri halal terutama pada sektor makanan dan minuman halal. Dengan adanya globalisasi, Indonesia juga perlu menyesuaikan hal-hal yang berasal dari luar negeri agar tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku, salah satunya produk makanan. Peningkatan permintaan untuk produk makanan luar negeri menyebabkan semakin bermunculan restoran restoran bernuansa luar negeri, salah satunya restoran dengan nuansa Jepang. Oleh karena itu, muncul kekhawatiran tentang status kehalalan produk-produk yang berasal dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik serta faktor yang memengaruhi keputusan pembelian generasi z di restoran Jepang halal di kota Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dari 150 responden yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan SEM-PLS menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi, religiositas, kualitas produk, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian generasi z di kota Bogor. Sementara faktor lain seperti pengetahuan halal, kelompok acuan, lokasi, promosi, manusia, proses, serta bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Indonesia has the potential of the halal industry sector, especially in the halal food and beverage sector. With globalization, Indonesia also needs to adjust things that come from abroad to remain in accordance with applicable regulations, one of which is food products. The increasing demand for foreign food products has led to the emergence of restaurants with foreign nuances, one of which is a restaurant with Japanese nuances. Therefore, concerns arise about the halal status of products originating from abroad. This study aims to identify the characteristics and factors that influence generation z's purchasing decisions at halal Japanese restaurants in Bogor city. The results indicate that the variables of motivation, religiosity, product quality, and price have a significant positive effect on the purchasing decisions of generation z in Bogor city. While other factors such as halal knowledge, reference group, location, promotion, people, process, and physical evidence have no significant effect on purchasing decisions.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161336
Appears in Collections:UT - Syariah Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H5401201094_94899ba5c6da4c00832daaf39cb8fa93.pdfCover435.16 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H5401201094_1c0a9cdd86ac43c1baf5ac82a5261111.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.04 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H5401201094_b0241752162f4d4a8aa87aacd6247caf.pdf
  Restricted Access
Lampiran455.88 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.