Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161243
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAvenzora, Ricky-
dc.contributor.authorPerdana, Luthfy Anugrah Kesuma-
dc.date.accessioned2025-02-01T06:02:55Z-
dc.date.available2025-02-01T06:02:55Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161243-
dc.description.abstractProduk interpretasi adalah pemenuhan kebutuhan sasaran melalui penyampaian pesan. Video Game merupakan bentuk dari penerapan produk interpretasi secara digital. Penelitian ini menganalisis penilaian responden terhadap game "Planiria" Terhadap Tingkat Pengetahuan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor pada Mei - Juni 2024 menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis deskriptif kepada 200 responden yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Bogor. Pemilihan responden siswa-siswi SMP didasarkan pada materi pembelajaran yang berada di Sekolah Menengah Pertama mengenai Keanekaragaman Hayati. Penilaian yang dilakukan oleh responden berada pada skala 1 sampai dengan skala 7. Aspek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari nilai manfaat, desain visual, replayability, perangkat lunak, komunikasi visual, edukasional, dan nilai hiburan. Penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata responden menjawab pada skor "6" yang berarti mengarah kepada penilaian positif terhadap keberadaan game "Planiria" sebagai produk interpretasi. Aspek- aspek yang mendapat penilaian tertinggi pada game ini adalah menambah pengetahuan, tampilan media menarik untuk dilihat, dapat membantu dalam menghafal jenis-jenis flora & fauna, kontrol yang tersedia didalam game mudah untuk dioperasikan, foto flora & fauna cukup unik, ketertarikan pemain untuk mencoba mengambil foto flora & fauna, dan tingkat kesulitan yang sesuai untuk dimainkan. Keseluruhan aspek ini yang berdampak cukup besar bagi responden setelah memainkan game tersebut.-
dc.description.abstractInterpretation products are the fulfillment of target needs through message delivery. Video Games are a form of implementing digital interpretation products. This research analyzes respondents' assessments of the game "Planiria" on their level of knowledge. This research was conducted in Bogor City in May - June 2024 using quantitative descriptive analysis with 200 respondents spread across 6 subdistricts in Bogor City. The selection of respondents for junior high school students was based on learning materials in junior high schools regarding Biodiversity. The assessments made by respondents are on a scale of 1 to 7. The aspects used in this research consist of benefit value, visual design, replayability, Assembly, visual communication, education and entertainment value. This research shows that on average respondents answered with a score of "6", which means it leads to a positive assessment of the existence of the game "Planiria" as an interpretation product. The aspects that received the highest assessment in this game are increasing knowledge, the media display is interesting to look at, can help in memorizing types of flora & fauna, the controls available in the game are easy to operate, the photos of flora & fauna are quite unique, the player's interest in try to take photos of flora & fauna, and the appropriate level of difficulty to play. All of these aspects had quite a big impact on respondents after playing the game.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Game Planiria Terhadap Tingkat Edukasional bagi Siswa-Siswi SMP di Kota Bogorid
dc.title.alternativenull-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordEcotourismid
dc.subject.keywordFloraid
dc.subject.keywordFaunaid
dc.subject.keywordInterpretation Productsid
dc.subject.keywordVideo gameid
Appears in Collections:UT - Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0302201036_225ec11b90e54270a1c7a131160b4d29.pdfCover745.09 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0302201036_993b8952b4494ddab547300881ed147a.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.75 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0302201036_03e41dc4c5bb421bbd278b2a258fdac6.pdf
  Restricted Access
Lampiran334.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.