Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161039
Title: Perancangan Game Ecoflorna Sebagai Produk Interpretasi Bagi Laki-Laki Prasejahtera di Kota Bogor
Other Titles: 
Authors: Avenzora, Ricky
Perkasa, Naufal Rafie Yudha
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: NAUFAL RAFIE YUDHA PERKASA. Perancangan Game Ecoflorna Sebagai Produk Interpretasi bagi Masyarakat Prasejahtera di Kota Bogor. Dibimbing oleh PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP. Produk interpretasi adalah pemenuhan kebutuhan sasaran melalui penyampaian pesan. video Game merupakan bentuk dari penerapan produk interpretasi secara digital. Penelitian ini menganalisis penilaian responden terhadap Game " Ecoflorna " sebagai produk interpretasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor pada April - Mei 2024 menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis deskriptif kepada 200 responden yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Bogor. Pemilihan responden masyarakat Prasejahtera mengenai Keanekaragaman Hayati. Penilaian yang dilakukan oleh responden berada pada skala 1 sampai dengan skala 7. Aspek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari nilai manfaat, desain visual, replayability, perangkat lunak, komunikasi visual, edukasional, dan nilai hiburan. Penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata responden menjawab pada skor "6" yang berarti mengarah kepada penilaian positif terhadap keberadaan Game " Ecoflorna " sebagai produk interpretasi. Aspek-aspek yang mendapat penilaian tertinggi pada Game ini adalah menambah pengetahuan, tampilan media menarik untuk dilihat, dapat membantu dalam menghafal jenis-jenis flora & fauna, kontrol yang tersedia didalam Game mudah untuk dioperasikan, foto flora & fauna cukup unik, ketertarikan pemain untuk mencoba mengambil foto flora & fauna, dan tingkat kesulitan yang sesuai untuk dimainkan. Keseluruhan aspek ini yang berdampak cukup besar bagi responden setelah memainkan Game tersebut.
NAUFAL RAFIE YUDHA PERKASA. Ecoflorna Game Design As An Interpretation Product For Middle School Students In Bogor City. Supervised by PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP. Interpretation products are the fulfillment of target needs through message delivery. Video Games are a form of implementing digital interpretation products. This research analyzes respondents' assessments of the Game "Ecoflorna" as an interpretation product. This research was conducted in Bogor City in April - May 2024 using quantitative descriptive analysis with 200 respondents spread across 6 sub-districts in Bogor City. Selection of respondents from underprivileged communities regarding Biodiversity. The assessments made by respondents are on a scale of 1 to 7. The aspects used in this research consist of benefit value, visual design, replayability, software, visual communication, education and entertainment value. This research shows that on average respondents answered with a score of "6",which meansthat it leads to a positive assessment of the existence of the Game "Ecoflorna" as an interpretation product. The aspects that received the highest assessment in this Gameare increasing knowledge, the media display is interesting to look at, can help in memorizing types of flora & fauna, the controls available in the Game are easy to operate, the photos of flora & fauna are quite unique, the player's interest in try to take photos of flora & fauna, and the appropriate level of difficulty to play. All of these aspects had quite a big impact on respondents after playing the Game.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161039
Appears in Collections:UT - Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0302201111_9ecdd2097917406b9456772c79b46293.pdfCover5.96 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0302201111_8ff7751741174f41b120393e08039b38.pdf
  Restricted Access
Fulltext9.78 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0302201111_eed7ff6a15324c59b01911287765364c.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.