Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161036
Title: Perancangan Gim Perbana Sebagai Produk Interpretasi Bagi Usia Dewasa Awal
Other Titles: 
Authors: Avenzora, Ricky
Napitupulu, Boni Fargas
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: BONI FARGAS NAPITUPULU. Perancangan Gim Perbana Sebagai Produk Interpretasi Bagi Usia Dewasa Awal. Dibimbing oleh PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP. Produk interpretasi adalah pemenuhan kebutuhan sasaran melalui penyampaian pesan. video game merupakan bentuk dari penerapan produk interpretasi secara digital. Penelitian ini menganalisis penilaian responden terhadap game "Perbana" sebagai produk interpretasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor pada Februari - Maret 2024 menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis deskriptif kepada 200 responden yang tersebar di Kota Bogor dan Kota Medan. Pemilihan responden usia dewasa awal didasarkan pada materi pembelajaran mengenai Keanekaragaman Hayati. Penilaian yang dilakukan oleh responden berada pada skala 1 sampai dengan skala 7. Aspek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari nilai manfaat, desain visual, replayability, perangkat lunak, komunikasi visual, edukasional, dan nilai hiburan. Penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata responden menjawab pada skor "6" yang berarti mengarah kepada penilaian positif terhadap keberadaan game "Perbana" sebagai produk interpretasi. Aspek- aspek yang mendapat penilaian tertinggi pada game ini adalah menambah pengetahuan, tampilan media menarik untuk dilihat, dapat membantu dalam menghafal jenis-jenis flora & fauna, kontrol yang tersedia di dalam game mudah untuk dioperasikan, foto flora & fauna cukup unik, ketertarikan pemain untuk mencoba mengambil foto flora & fauna, dan tingkat kesulitan yang sesuai untuk dimainkan. Keseluruhan aspek ini yang berdampak cukup besar bagi responden setelah memainkan game tersebut.
BONI FARGAS NAPITUPULU. Perbana Game Design As An Interpretation Product For Middle School Students In Bogor City. Supervised by PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP. Interpretation products are the fulfillment of target needs through message delivery. Video games are a form of digital interpretation product implementation. This study analyzes respondents' assessments of the game "Perbana" as an interpretation product. This study was conducted in Bogor City in February - March 2024 using quantitative descriptive with descriptive analysis to 200 respondents spread across Bogor City and Medan City. The selection of early adult respondents was based on learning materials regarding Biodiversity. The assessments made by respondents were on a scale of 1 to 7. The aspects used in this study consisted of benefit value, visual design, replayability, software, visual communication, educational, and entertainment value. This study shows that the average respondent answered with a score of "6" which means leading to a positive assessment of the existence of the game "Perbana" as an interpretation product. The aspects that received the highest ratings in this game were increasing knowledge, the media display was interesting to look at, it can help in memorizing types of flora & fauna, the controls available in the game were easy to operate, photos of flora & fauna were quite unique, players' interest in trying to take photos of flora & fauna, and the level of difficulty appropriate to play. All of th
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161036
Appears in Collections:UT - Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0302201056_2e79402fb67441d7b21d17a551654bd5.pdfCover723.09 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0302201056_c05272e009f5432291e91b47dffbe927.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.03 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0302201056_40d1b719eab547a2a883a56345b2b7a6.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.