Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160590
Title: Analisis Pola Retensi Pelanggan dalam Industri Asuransi
Other Titles: 
Authors: Suharjo, Budi
Ruhiyat
Kenrick
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola retensi pelanggan di industri asuransi dengan menggunakan metode Kaplan-Meier, Cox Proportional Hazard, dan Random Forest. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi retensi pelanggan dan memprediksi kelompok pelanggan dengan risiko churn tinggi. Metode Kaplan Meier digunakan untuk memperkirakan fungsi survival, sedangkan model Cox mengidentifikasi variabel-variabel signifikan yang memengaruhi risiko churn. Random Forest digunakan untuk prediksi churn, yang menunjukkan kemampuan model yang baik dalam membedakan antara pelanggan yang churn dan yang tidak churn. Hasil menunjukkan bahwa biaya operasi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap risiko churn. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya intervensi dini untuk mengurangi churn pada awal periode polis, serta kebutuhan untuk mengembangkan strategi retensi yang lebih personal untuk pelanggan berisiko tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160590
Appears in Collections:UT - Actuaria

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_G5402201064_50acd370fca74994a5e81df033437079.pdfCover1.68 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_G5402201064_8d44e8c9437a4a58ad3492fa3fd84b79.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.37 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_G5402201064_811ed6658fd043ecb3aeb51fe03a43ec.pdf
  Restricted Access
Lampiran300.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.