Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160353
Title: Pengembangan Pedoman Pelaksanaan Program “Education Packages” Dalam Edu-Ecotourism Hutan Pendidikan Gunung Walat
Authors: Rusolono, Teddy
Ichwandi, Iin
Shidqi, Daffa
Santoso, Muhammad Raihan
Nabiil, Muhammad
Salsabila, Anisa
Rifqoh, Rainida
Issue Date: 2024
Publisher: Departemen Manajemen Hutan-FAHUTLING, IPB University
Abstract: Capstone Project bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan ekowisata Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW). Meskipun HPGW telah menarik minat sebagai tempat wisata sejak 2003, HPGW sedang merancang paket wisata baru dengan nama "education packages" dan menemui kendala karena belum adanya pedoman pelaksanaan kegiatan. Dalam menyelesaikan permasalahan ini, Capstone Project berfokus pada pembuatan pedoman pelaksanaan kegiatan yang akan menjadi landasan standar pelayanan. Secara umum, tujuan capstone project adalah menyelesaikan permasalahan terkait pedoman pelaksanaan kegiatan untuk paket yang sedang direncanakan. Metode yang diterapkan merupakan metode kualitatif dengan sumber data primer yang berasal dari observasi lapangan, diskusi, dan wawancara, serta data sekunder yang berasal dari studi literatur. Hasil yang diciptakan oleh Capstone Project adalah dokumen pedoman pelaksanaan kegiatan yang dirincikan menjadi: (1) Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Ensiklopedia Forest Trekking, (2) Peta wisata dan papan informasi, serta (3) Skema Branding. Dokumen ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi pengelola HPGW dalam menjalankan "Education Packages," meningkatkan kualitas layanan, serta menghadirkan pengalaman yang lebih kaya bagi pengunjung.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160353
Appears in Collections:Research Report

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LAPORAN_Pengembangan Pedoman Pelaksanaan Program Education Packages Dlm Edu-Ecotourism Hutan Pendidikan.pdfLaporan Penelitian3.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.