Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160345
Title: PERANCANGAN DAN PENILAIAN PENGARUH GAME PUZZLE ECOENIGMA TERHADAP FUNGSI KOGNITIF LANSIA
Other Titles: 
Authors: Avenzora, Ricky
Mahaguna, Ahmad Zhilli Mamdudi
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Penurunan fungsi kognitif merupakan masalah umum yang dihadapi oleh lansia dan dapat memengaruhi kualitas hidup mereka. Penurunan fungsi kognitif dapat dihambat dengan melakukan tindakan preventif. Salah satu alternatif kegiatan yang dapat digunakan untuk tetap menjaga fungsi kognitif seperti permainan puzzle. Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh permainan puzzle Ecoenigma terhadap fungsi kognitif lansia. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini menggunakan metode survei dengan melakukan implementasi game puzzle Ecoenigma kepada 200 responden lansia. Data kuisioner berisi penilaian responden terhadap permainan “Ecoenigma Puzzle Flora Fauna”. Penilaian meliputi 7 aspek. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan dilakukan dengan menggunakan skala LIKERT yang dimodifikasi oleh (Avenzora 2008) sebanyak 1 sampai dengan 7 kemudian diuji menggunakan paired sample t-test untuk melihat seberapa signifikan pengaruh game puzzle Ecoenigma terhadap fungsi kognitif. Hasil penilaian persepsi responden terhadap game puzzle Ecoenigma penting untuk dimainkan oleh lansia dan berpengaruh secara signifikan terhadap kognitif lansia.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160345
Appears in Collections:UT - Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J1302201009_70d68ee9698747c49d9c1a3b4bb04d9d.pdfCover524.39 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J1302201009_e205158a98134f24a5855df1d9f764a5.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.67 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J1302201009_cad1facfdd5540c8977535932a209638.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.