Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159880
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuharjo, Budi-
dc.contributor.advisorDjamaludin, M.D.-
dc.contributor.authorAndriyani, Dian-
dc.date.accessioned2024-12-05T06:59:27Z-
dc.date.available2024-12-05T06:59:27Z-
dc.date.issued2005-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159880-
dc.description.abstractPerusahaan asuransi adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Oleh karena itu pelayanan merupakan faktor yang penting dalam usaha untuk memenuhi kepuasan pelanggan sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Di samping itu faktor kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor yang menumbuhkan loyalitas pelanggan. Diharapkan dengan adanya kepuasan pelanggan terhadap layanan perusahaan maka semakin kecil kemungkinan pelanggan akan beralih ke perusahaan asuransi lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan Garda Oto di Jakarta, baik kepuasan total maupun nilai kepuasan per atribut. (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna jasa asuransi Garda Oto. (3) Menganalisis hubungan antara kepuasan dengan loyalitas pelanggan Garda Oto (4) Merumuskan program peningkatan pelayanan terhadap pelanggan asuransi Garda Oto. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden pelanggan Garda Oto yang datang ke cabang Garda Oto di Jakarta yang pernah mengajukan klaim dan bersedia untuk dijadikan responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Analisis dalam penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu analisis objek dan analisis atribut. Untuk analisis objek, alat analisis yang digunakan adalah Metode Cluster yang bertujuan untuk mensegmentasikan pelanggan berdasar aspek psikografis. Untuk analisis atribut, analisis yang digunakan adalah: Analisis CHAID, digunakan untuk mengetahui keterkaitan faktor kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Thrustone, digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan pelanggan terhadap atribut layanan. Analisis Diagonal, digunakan untuk memetakan atribut berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasannya. Analisis Penalty Reward, digunakan untuk mengelompokkan atribut berdasarkan tingkat kebutuhannya. Dari hasil penghitungan berdasarkan analisis Cluster didapat tiga kelompok segmen pelanggan yaitu quality concem (29%), rational concern (25%), dan follower (46%). Dari ciri utama demografi, pada setiap segmennya semua didominasi oleh pelanggan pria dan berstatus sudah menikah. Berdasarkan Analisis Thrustone, untuk melihat diantara atribut mana yang menjadi prioritas kebutuhan pelanggan Garda Oto, diketahui bahwa pada semua segmen mempunyai tingkat prioritas atribut yang hampir sama diantaranya klaim dibayarkan dengan cepat, jaringan bengkel yang luas, adanya layanan derek dan adanya layanan darurat.....dst
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titleAnalisis Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Garda Otoid
dc.subject.keywordGarda Otoid
dc.subject.keywordClusterid
dc.subject.keywordChaidid
dc.subject.keywordThurstoneid
dc.subject.keywordDiagonalid
dc.subject.keywordPenalty Rewardid
dc.subject.keywordKepuasan Pelangganid
dc.subject.keywordLoyalitas Pelangganid
dc.subject.keywordGarda Oto, Cluster, CHAID, Thrustone, Diagonal, Penalty Reward, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan.id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E1805DIA.pdf
  Restricted Access
3.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.