Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159872
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorGumbira-Sa'Id, E.-
dc.contributor.advisorSaptono, Imam Teguh-
dc.contributor.authorNugroho, Helmy Afrisa-
dc.date.accessioned2024-12-05T06:57:07Z-
dc.date.available2024-12-05T06:57:07Z-
dc.date.issued2005-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159872-
dc.description.abstractPerubahan yang sangat cepat yang terjadi di dunia bisnis menyebabkan kompetisi di antara pemain-pemain bisnis menjadi semakin nyata. Peningkatan tingkat kompetisi tersebut ditandai dengan permintaan yang berfluktuasi, penurunan tingkat loyalitas konsumen, dan semakin singkatnya siklus hidup produk. Salah satu strategi yang dikembangkan dalam menghadapi permasalahan ketidakpastian tersebut adalah melalui strategi yang dikenal dengan Supply Chain Management (SCM). Di dalam strategi SCM, setiap perusahaan merupakan pemasok sekaligus konsumen dari suatu sistem rantai pasokan tertentu. Aplikasi SCM tersebut dapat memberikan dampak yang cukup berarti dalam peningkatan keunggulan kompetitif terhadap produk maupun pada sistem yang dibangun itu sendiri. Keberhasilan PT. Capsugel dalam menguasai pasar industri kapsul di Indonesia ditunjang oleh keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan yang diwujudkan dalam suatu strategi kompetitif perusahaan. Strategi rantai pasokan yang dikembangkan harus sejalan dengan strategi kompetitif perusahaan. Penetapan suatu strategi rantai pasokan mengarah pada dua hal yaitu kemampuan respon (responsitivitas) dan efisiensi rantai pasokan. Kesesuaian antara strategi rantai pasokan dan strategi kompetitif harus diwujudkan dalam aplikasi kebijakan perusahaan dalam menangani empat faktor pendorong kinerja rantai pasokan yaitu persediaan, fasilitas, transportasi, dan informasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisa aplikasi supply chain dan kegiatan-kegiatan yang terkait di dalamnya di PT. Capsugel Indonesia; (2) Menganalisa sistem pengendalian bahan baku sebagai pendorong kinerja rantai pasokan yang disesuaikan dengan strategi rantai pasokan dan kompetitif PT. Capsugel Indonesia; serta (3) Memberikan implikasi strategis tentang manajemen persediaan yang dapat dibangun untuk meningkatkan kinerja dan keunggulan kompetitif supply chain di PT. Capsugel Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di di PT. Capsugel Indonesia dengan menggunakan metode deskriptif berdasarkan studi kasus. Data yang dikumpulkan berupa data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari data historis perusahaan serta studi literatur yang terkait dengan pokok bahasan dalam penelitian ini. Identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif perusahaan dilakukan dengan menggunakan instrumen diagram tulang ikan. Analisis terhadap kinerja rantai pasokan dilakukan dengan pendekatan inventori..dst
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleAnalisis Kinerja Rantai Pasokan Dengan Pendekatan Inventori dan Peranannya Terhadap Keunggulan Kompetitif : Studi Kasus Di Pt Capsugel Indoensiaid
dc.subject.keywordStrategi Rantai Pasokanid
dc.subject.keywordStrategi Kompetitifid
dc.subject.keywordInventoriid
dc.subject.keywordKeunggulan Kompetitifid
dc.subject.keywordBiaya Persediaanid
dc.subject.keywordPersediaan Pengamanid
dc.subject.keywordLean Supply Chainid
dc.subject.keywordstrategi rantai pasokan, strategi kompetitif, inventori, keunggulan kompetitif, biaya persediaan, persediaan pengaman.id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R2805HAN.pdf
  Restricted Access
57.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.