Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159686
Title: Analisis Brand Equity Produk Pembalut Wanita Di Wilayah Dki Jakarta
Authors: Suharjo, Budi
Ratnawati, Anny
Ilyasan, Ratna Rohati
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Persaingan dalam dunia bisnis saat ini sangat ketat termasuk dalam dunia bisnis produk pembalut wanita. Merek menjadi sesuatu yang sangat berperan dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan. Memiliki deretan merek kuat bisa menjamin arus kas yang sangat deras. Dalam banyak hal, nasib perusahaan bahkan ditentukan bukan oleh kekayaan riil atau tangible-nya, tetapi oleh deretan merek yang dimilikinya. Merek adalah sebuah nama, simbol, desain, atau tanda yang meningkatkan nilai suatu produk di atas nilai fungsionalnya. Bertambahnya nilai yang disebabkan oleh merek tersebut menjadi alasan mengapa para pebisnis dan konsumen bersedia membayar tinggi. Bertambahnya nilai yang dilakukan oleh merek pada produk dikenal sebagai brand equity atau ekuitas merek. Oleh karena itu Perusahaan yang ingin tetap bertahan dalam persaingan yang ketat ini, dan melangkah lebih maju untuk memenangkan persaingan, sangat perlu mengetahui kondisi ekuitas merek yang dimilikinya. Salah satu cara mengetahui kondisi ekuitas merek adalah dengan melakukan riset ekuitas merek. Riset ekuitas merek telah banyak dilakukan. Meskipun banyak perhatian tertuju pada ekuitas merek, tetapi perhatian tersebut umumnya tertuju pada eksplorasi ekuitas merek bukan tertuju pada sumber dan pengembangannya. Hanya sedikit riset yang telah dilakukan sehubungan dengan pengembangan konseptual ekuitas merek. Salah satu riset mengenai konseptual ekuitas merek tersebut telah dilakukan oleh Yoo dkk yang meneliti hubungan antara elemen-elemen bauran pemasaran dan pembentukan ekuitas merek. Melalui riset terhadap dimensi-dimensi ekuitas merek dan sumber-sumber ekuitas merek seperti usaha-usaha pemasaran, maka perusahaan dapat merencanakan aktivitas-aktivitas pemasaran atas merek yang lebih terarah sehingga perusahaan dapat memenangkan persaingan. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah bagaimana pola keterkaitan antara dimensi-dimensi ekuitas merek dengan ekuitas merek dan bagaimana pola keterkaitan antara usaha-usaha pemasaran dengan dimensi-dimensi ekuitas merek. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis ekuitas merek dari masing-masing merek pembalut wanita yang ada saat ini, menganalisis pola keterkaitan antara dimensi-dimensi ekuitas merek terhadap ekuitas merek, dan menganalisis hubungan antara usaha-usaha pemasaran dengan pembentukan ekuitas merek..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159686
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E1504RRI.pdf
  Restricted Access
6.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.