Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159680
Title: Analisis Keluasan Pelanggan Orlen Automatic Car Wash And Saloon Jakarta
Authors: Djamaludin, M.D.
Sri Hartoyo
Nugroho, Wibowo Siswo
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Bisnis cuci mobil otomatis merupakan jenis usaha baru di bidang perawatan mobil yang baru berkembang sekitar lima tahun terakhir ini. Bisnis ini muncul sebagai jawaban dari tuntutan pemilik mobil masyarakat ibukota yang menginginkan suatu bentuk usaha cuci mobil yang efisien waktu. Unsur waktu merupakan hal penting bagi masyarakat ibukota sebagai akibat dari tidak seimbangnya antara pertumbuhan kendaraan, khususnya mobil dengan pertumbuhan panjang ruas jalan. Oleh karena itu waktu menjadi hal yang sangat berharga bagi masyarakat ibukota. Faktor waktu inilah yang kemudian ditangkap sebagai peluang dalam mendirikan usaha cuci mobil otomatis. Orlen automatic carwash and saloon merupakan salah satu pemain utama dalam bisnis cuci mobil. Tiap hari tiga outlet yang ada selalu dipenuhi oleh para konsumen yang ingin menggunakan jasa cuci mobil otomatis dan salon mobil. Pada akhir minggu, jumlah kendaraan bisa mencapai hingga tiga kali lipat dari hari-hari biasa. Keunggulan yang dimiliki Orlen adalah terletak pada kualitas SDM dan teknologi yang digunakan. Dalam hal teknologi, Orlen merakit sendiri mesin cuci yang digunakan serta meramu sendiri bahan cuci mobil dan salon mobil. Dalam hal SDM, karyawan Orlen harus melalui pelatihan sebelum diterima sebagai pegawai tetap. Kedua keunggulan tersebut tentunya diciptakan dengan maksud untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Saat ini di Jabotabek terdapat tidak kurang 10 nama cuci mobil otomatis, dan diperkirakan di masa mendatang jumlahnya akan semakin bertambah seiring dengan peluang bisnis cuci mobil yang masih sangat terbuka. Dengan persaingan yang akan semakin ketat, Orlen tentunya harus memiliki strategi yang tepat, minimal untuk tetap mempertahankan konsumennya agar tidak pindah ke cuci mobil otomatis lain. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini difokuskan pada perumusan masalah yaitu: 1. Faktor-faktor kepuasan apa saja yang menyebabkan pelanggan menyukai jasa cuci mobil otomatis Orlen, 2. Upaya-upaya apa yang sebaiknya dilakukan Orlen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan perumusan masalah tersebut secara khusus penelitian ini bertujuan: 1. Menganalisa tingkat kepuasan pelanggan Orlen dan faktor-faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Orlen, 2. merumuskan usulan-usulan perbaikan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk Orlen. Ruang lingkup penelitian analisis kepuasan pelanggan ini dibatasi pada produk Orien, dan lokasi penelitian dilakukan di wilayah Jakarta..dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159680
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R2504WSNO.pdf
  Restricted Access
41.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.