Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159328
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHermawan, Aji
dc.contributor.advisorHubeis, Aida Vitayala S.
dc.contributor.advisorPanjaitan, Nurmala K.
dc.contributor.authorNuraini, Endah
dc.date.accessioned2024-11-07T06:22:14Z
dc.date.available2024-11-07T06:22:14Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159328
dc.description.abstractProgram Pengembangan Manajemen (MDP) merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan manajemen bagi karyawan yang akan menduduki jabatan manajerial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kaitan antar tingkat evaluasi pelatihan MDP (pembelajaran di kelas, penerapan hasil dan hasil kerja) serta menganalisis pengaruh 3 (tiga) faktor alih pelatihan (karakteristik individu, rancangan pelatihan dan lingkungan kerja) pada hubungan satu tingkat ke tingkat yang lain. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan obyek penelitian salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang mengembangkan karyawannya melalui pelatihan MDP. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari dokumen perusahaan yang terkait dengan pelatihan, serta data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan. Data yang berupa angka dianalisis secara kuantitatif menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk melihat keterkaitan antar variabel. Sedangkan informasi yang dihasilkan dari wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas berdampak terhadap penerapan hasil pelatihan, dan penerapan hasil tidak berdampak terhadap kinerja individu. Selain itu ditemukan bahwa faktor dukungan atasan dan iklim kerja berkontribusi terhadap hubungan antara penerapan hasil dan kinerja individu. Penerapan hasil pelatihan ke tempat kerja dipengaruhi oleh motivasi peserta selama pelatihan serta dipengaruhi oleh dukungan atasan. Pelatihan MDP dipengaruhi oleh lingkungan karena tidak ada deterministic causality antara kinerja pelatihan dan kinerja individu secara keseluruhan. Pelatihan dapat meningkatkan probability untuk mencapai kinerja individu yang lebih baik, tapi pelatihan itu sendiri tidak dapat menjamin kinerja individu, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja individu. Dengan kata lain, pelatihan yang diperlukan, tetapi tidak cukup untuk memastikan kinerja individu. Akibatnya, kinerja pelatihan MDP tidak harus diukur secara langsung oleh kinerja individu. Dalam lingkungan yang kompleks, hanya ada kausalitas probabilistik antara pelatihan dan kinerja individu. Penelitian lebih lanjut disarankan adalah penelitian tentang pendekatan evaluasi pelatihan yang meliputi juga faktor lingkungan.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titleKajian Efektivitas Program Pengembangan Manajemen Melalui Alih Peralihanid
dc.subject.keywordManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.subject.keywordProgram Pengembangan Manajemen (Mdp)id
dc.subject.keywordEvaluasi Pelatihanid
dc.subject.keywordProses Pelatihanid
dc.subject.keywordAlih Pelatihan (Transfer Of Training)id
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordAnalisis Plsid
dc.subject.keywordAnalisis Kualitatifid
dc.subject.keywordTriangulasi Dataid
dc.subject.keywordprogram pengembangan manajemenid
dc.subject.keywordevaluasi pelatihanid
dc.subject.keywordproses pelatihanid
dc.subject.keywordalih pelatihanid
dc.subject.keywordmanagement development programid
dc.subject.keywordtraining evaluationid
dc.subject.keywordtraining processid
dc.subject.keywordtransfer of trainingid
Appears in Collections:DT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
DMB615ENI.pdf
  Restricted Access
1.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.