Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159320
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDaryanto, Heny K.
dc.contributor.advisorSukandar, Dadang
dc.contributor.advisorYusuf, Eva Z.
dc.contributor.authorLeonard
dc.date.accessioned2024-11-07T06:21:41Z
dc.date.available2024-11-07T06:21:41Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159320
dc.description.abstractGlobalisasi mendorong persaingan antar individu, kelompok, organisasi, dan bangsa semakin massif dan kompetitif. Intensitas persaingan kini tidak hanya terjadi pada sektor bisnis, tetapi juga menjangkau sektor non bisnis, termasuk pendidikan. Sebagai gambaran terjadinya persaingan antar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, untuk di kalangan PTS dipicu oleh pertumbuhan PTS yang sangat pesat dan tidak linier dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa. Kondisi persaingan menjadi lebih kompetitif dengan kehadiran perguruan tinggi asing di Indonesia yang secara legal formal dimungkinkan oleh undang-undang. Ketika Perguruan Tinggi Asing (PTA) tersebut didukung oleh capital, image dan corporate satisfaction yang besar dan dominan, hal tersebut dapat menjadi ancaman serta tantangan serius bagi Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, khususnya di Jakarta untuk menarik minat mahasiswa memilih meneruskan pendidikan untuk jenjang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang sama atau memberikan positive word of mouth untuk menarik prospective mahasiswa. Tantangan kompetisi yang lain adalah pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean. Ketentuan yang semakin membuka lintas dan arus perguruan tinggi di kawasan ASEAN baik mahasiswa, lecturer dan system pendidikan tinggi yang berdampak semakin ketatnya persaingan pada perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta. Cakupan penelitian ini mengkaji variabel yang mempengaruhi loyalitas mahasiswa perguruan tinggi swasta terutama mahasiswa ilmu komunikasi. Hipotesis dibuat dari 5 variabel dengan 22 indikator terhadap Loyalty Mahasiswa. Data dihimpun dari 80 kuesioner yang diisi secara lengkap oleh 320 mahasiswa ilmu komunikasi under graduate dan post graduate dari 3 lokasi kampus di Jakarta dan dianalisa dengan mengunakan Structural Equation Model (SEM). Sejalan dengan berbagai penelitian terdahulu terkait dengan Loyalty Model mahasiswa dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang kompleks untuk dapat membangun secara tepat model Loyalty dengan perbedaan antar negara seperti karakter mahasiswa dan perguruan tinggi ataupun perbedaaan loyalty antar perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukan faktor satisfaction dan trust memegang peranan penting yang mempengaruhi loyalty mahasiswa perguruan tinggi swasta, walau faktor lain juga memiliki andil besar untuk mempengaruhi loyalty mahasiswa seperti service quality. Satisfaction mahasiswa berpengaruh signifikan kepada peningkatan trust. Image dan Price tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalty mahasiswa akan tetapi price berpengaruh signifikan terhadap satisfaction dan trust sedangkan image berpengaruh signifikan terhadap satisfaction namun tidak signifikan terhadap trust. Mengingat perguruan tinggi swasta menawarkan jasa pendidikan maka disarankan faktor satisfaction dan trust perlu dikaji lebih mendalam terutama di perguruan tinggi swasta. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta perlu fokus dengan membangun faktor satisfaction dan trust yang lebih mendalam karena faktor tersebut adalah faktor kunci yang mempengaruhi loyalty mahasiswa. Loyalty mahasiswa meningkat jika perguruan tinggi swasta berupaya melakukan dan berkesinambungan melakukan inisiasi-inisiasi yang erat berkaitan dengan peningkatan service quality seperti reliability dan emphaty serta nilai uang (value for money) yang dibayarkan oleh mahasiswa.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleModel Loyalitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Jakartaid
dc.subject.keywordManajemen Pemasaranid
dc.subject.keywordImageid
dc.subject.keywordModel Loyalty Mahasiswaid
dc.subject.keywordPositive Word Of Mouthid
dc.subject.keywordPriceid
dc.subject.keywordSatisfactionid
dc.subject.keywordService Qualityid
dc.subject.keywordTrustid
dc.subject.keywordimageid
dc.subject.keywordmodel loyalty mahasiswaid
dc.subject.keywordpositive word of mouthid
dc.subject.keywordpriceid
dc.subject.keywordsatisfactionid
dc.subject.keywordservice qualityid
dc.subject.keywordstructural equation modelid
dc.subject.keywordtrustid
dc.subject.keywordimageid
dc.subject.keywordstudent loyalty modelid
dc.subject.keywordpositive word of mouthid
dc.subject.keywordpriceid
dc.subject.keywordsatisfactionid
dc.subject.keywordservice qualityid
dc.subject.keywordstructural equation modelid
dc.subject.keywordtrust.id
Appears in Collections:DT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
DMB614LRD.pdf
  Restricted Access
4.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.