Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159301
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.advisorYusuf, Eva Z.
dc.contributor.authorAli, Mochammad Mukti
dc.date.accessioned2024-11-07T06:21:15Z
dc.date.available2024-11-07T06:21:15Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159301
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang memengaruhi persepsi nilai konsumen dalam memilih tempat berbelanja produk segar. Berkembangnya ritel modern dan pengaruh arus globalisasi di negara berkembang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku dan gaya hidup konsumen dalam memilih tempat berbelanja khususnya produk makanan segar. Keputusan konsumen dalam memilih tempat berbelanja dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor internal diri konsumen. Perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan sangat penting dipelajari dan berguna bagi pengelola bisnis retail dalam membuat strategi bisnis perusahaan yang tepat dan efektif untuk meningkatkan jumlah konsumen yang berbelanja. Data responden diperoleh dengan melakukan survei menggunakan metode kuesioner, berupa wawancara tatap muka langsung secara terstruktur dengan jumlah responden sebanyak 610 konsumen di duapuluh ritel, yang terdiri dari sepuluh ritel tradisional dan 10 ritel modern. Pemilihan konsumen sebagai sampel menggunakan teknik systematic random sampling dengan interval lima. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah persepsi image toko, persepsi risiko dan persepsi nilai konsumen. Persepsi kualitas, persepsi utilitas belanja dan persepsi variasi digunakan sebagai variabel eksogen. Data responden yang didapatkan di analisa menggunakan analisa SEM. Analisa structural equation model (SEM) dipergunakan untuk melihat pengaruh dan keterkaitan antar variabel dan indikatornya. Hasil analisa data menunjukkan bahwa kelima persepsi yaitu persepsi kualitas, persepsi utilitas belanja, persepsi variasi, persepsi image toko dan persepsi risiko memengaruhi secara positif dan nyata terhadap persepsi nilai konsumen dalam memilih tempat berbelanja produk makanan segar. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa konsumen dalam memilih tempat berbelanja produk makanan segar dipengaruhi oleh persepsi konsumen atas tempat belanja yang yang dipilih, baik konsumen pasar tradisional maupun pasar modern. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi seluruh pemangku kepentingan yang berhubungan dengan kebijakan pengelolaan pasar baik pihak pemerintah, swasta sebagai pengelola pasar dalam upaya membenahi pengelolaan pasar untuk meningkatkan pelayanan dalam memenuhi keinginan dan harapan konsumen dalam berbelanja.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titlePemodelan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Tempat Berbelanja Produk Makanan Segar Di Wilayah Sub Urban Bekasiid
dc.subject.keywordManajemen Pemasaranid
dc.subject.keywordPerilaku Konsumenid
dc.subject.keywordPersepsi Nilai Konsumenid
dc.subject.keywordSystematic Randomid
dc.subject.keywordAnalisa Deskriptif Perilaku Respondenid
dc.subject.keywordAnalisa Diskriminan Respondenid
dc.subject.keywordAnalisa Persepsi Respondenid
dc.subject.keywordAnalisa Kecocokan Keseluruhan Modelid
dc.subject.keywordAnalisa Model Pengukuranid
dc.subject.keywordAnalisa Model Strukturalid
dc.subject.keywordHasil Uji Hipotesaid
dc.subject.keywordAnalisa Model Multi Sampleid
dc.subject.keywordConsumer behaviourid
dc.subject.keywordConsumer Perceived Valueid
dc.subject.keywordSystematic Random Samplingid
dc.subject.keywordStructural Equation Modelid
dc.subject.keywordPerilaku Konsumenid
dc.subject.keywordPersepsi Nilai Konsumenid
dc.subject.keywordSystematic Random Samplingid
dc.subject.keywordStructural Equation Modelid
Appears in Collections:DT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
DMB514MMAI.pdf
  Restricted Access
2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.