Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159170
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIchwandi, Iin-
dc.contributor.authorSalsabila, Anisa-
dc.date.accessioned2024-10-31T00:11:49Z-
dc.date.available2024-10-31T00:11:49Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159170-
dc.description.abstractHutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) sebagai salah satu hutan pendidikan yang menawarkan program wisata pendidikan untuk memberikan pengalaman edukatif kepada pengunjungnya, dengan mementingkan komponen pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Penelitian bertujuan menganalisis daya tarik paket wisata pendidikan yang ditawarkan oleh HPGW dan mengidentifikasi berbagai fasilitas, pelayanan, dan aksesibilitas yang mendukung pengalaman pengunjung. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner skala ordinal terhadap 81 orang yang dipilih secara purposive yaitu siswa SMA Binus School Bekasi, dan analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan penelusuran gua memiliki tingkat ketertarikan tertinggi dengan skor > 4,20, sedangkan pengamatan burung dan kupu-kupu memiliki tingkat ketertarikan terendah dengan skor 3,89 dari skor 5,00. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kuantitas kamar mandi, kuantitas alat praktik, dan akses menuju HPGW dinilai cukup memadai dengan skor 2,61–3,40, sehingga perlu dilakukan peningkatan dan perbaikan untuk memastikan kenyamanan yang lebih optimal bagi pengunjung. Penilaian pelayanan konsumsi, pelayanan kesehatan, dan jalur trekking yang disediakan oleh HPGW sudah sangat memadai bagi pengunjung dengan skor > 4,20.-
dc.description.abstractGunung Walat University Forest (GWUF) as one of the educational forests offers educational program designed to provide visitors education experience, by prioritizing visitors namely attraction, accessibility, and amenities. The research aims to analyze the attractiveness of the educational tourism packages offered by HPGW and identify various facilities, services, and accessibility factors that enhance the visitor experience. Data collection was conducted using an ordinal scale questionnaire with 81 purposively selected respondents from Binus School Bekasi and the data was analyzed using qualitative descriptive methods. The results of the study indicate that cave exploration is the most attractive activity, with a score of > 4.20, while bird and butterfly watching has the lowest attractive level with a score of 3.89 out of 5.00. The research also reveals that the number of bathrooms, availability of practical tools, and accessibility to HPGW are rated as adequate, with a score < 3.41, so the need for repair to ensure greater comfort for visitors. The assessment of consumption services, medical services, and tracking provided by GWUF is very eduquate by visitor with a score > 4,20.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Daya Tarik Program Wisata Pendidikan di Hutan Pendidikan Gunung Walatid
dc.title.alternativeAnalysis of the Attractiveness of the Educational program in the Gunung Walat University Forest-
dc.typeSkripsi-
dc.subject.keywordHPGWid
dc.subject.keywordPaket Wisataid
dc.subject.keywordpelayananid
dc.subject.keyworddaya tarikid
dc.subject.keywordfasilitasid
Appears in Collections:UT - Forest Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_E1401201109_6f9c4578839d4dadb22262b38ff146ce.pdfCover430.5 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_E1401201109_c1a929f5cfa745089000633f70715fff.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.87 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_E1401201109_bb997107698d4255b44006355ddf9211.pdf
  Restricted Access
Lampiran786.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.