Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158984
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorKhairunnisa, Hana
dc.date.accessioned2024-10-03T11:45:44Z
dc.date.available2024-10-03T11:45:44Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/158984
dc.description.abstractUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia, dengan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan masyarakat. Meskipun UMKM berkembang pesat, mereka menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan modal, sumber daya manusia, serta kendala adopsi teknologi digital. Digitalisasi UMKM, khususnya pemasaran online, menjadi salah satu tantangan utama, di mana mayoritas pelaku UMKM masih mengandalkan metode pemasaran non-digital. Pemanfaatan internet untuk pemasaran berpotensi besar dalam meningkatkan penjualan UMKM. Internet marketing adalah proses adopsi teknologi berbasis internet untuk penjualan, pemasaran, serta membangun hubungan dengan konsumen, yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing UMKM. Berbeda dengan bisnis besar, UMKM menggunakan pendekatan entrepreneurial marketing yang memfasilitasi inovasi, pemasaran, dan kepuasan pelanggan melalui pemanfaatan teknologi. Kapabilitas ini berpengaruh langsung terhadap perkembangan dan keberlanjutan bisnis, dengan fokus pada inovasi, orientasi proaktif, penciptaan nilai, serta kepuasan pelanggan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Keberadaan internet marketing dan entrepreneurial marketing dalam UMKM hadir sebagai fasilitator teknologi dalam inovasi bisnis, pemasaran, dan pemenuhan nilai kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh internet marketing dan entrepreneurial marketing dalam meningkatkan daya saing UMKM batik di Kota Bogor. Peneliti menggunakan dua metode yaitu analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan usaha responden dan analisis SEM-PLS untuk mengukur pengaruh hubungan internet marketing dan entrepreneurial marketing terhadap daya saing. Data yang digunakan pada penelitian adalah data primer yang diperoleh dengan pengisian kuesioner oleh responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM batik di Kota Bogor tersebar di lima kecamatan, dengan dominasi di Kecamatan Bogor Utara. Dari 30 responden yang didominasi perempuan berusia 50-60 tahun, mayoritas memiliki latar belakang pendidikan SMA/SMK dan sarjana, serta sebelumnya bekerja sebagai IRT dan karyawan swasta. Sebagian besar usaha telah berjalan 3-6 tahun dengan omzet bulanan di bawah 10 juta rupiah. Penggunaan media sosial dan e-commerce seperti Facebook, Instagram, Tokopedia, dan Shopee menjadi sarana pemasaran utama. Penelitian juga menemukan bahwa internet marketing dan entrepreneurial marketing berpengaruh signifikan terhadap daya saing. Faktor internal yang memengaruhi daya saing usaha batik mencakup kualitas produk, variasi motif batik, dan penggunaan bahan baku berkualitas tinggi. Di sisi lain, faktor eksternal seperti persaingan pasar juga mendorong pentingnya inovasi dan kualitas produk bagi daya saing UMKM batik di Kota Bogor.
dc.description.sponsorship-
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Internet marketing dan Entrepreneurial Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Batik di Kota Bogorid
dc.title.alternativeThe Influence of Internet marketing and Entrepreneurial Marketing in Increasing the Competitiveness of Batik MSMEs in Bogor City
dc.typeTesis
dc.subject.keyworddaya saingid
dc.subject.keywordSEM-PLSid
dc.subject.keywordentrepreneurial marketingid
dc.subject.keywordinternet marketingid
dc.subject.keywordUMKM Batikid
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H2501211010_a561defef23945fd9a4288649cb81295.pdfCover928.26 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H2501211010_cb0ae3a1de6740418c171932f441ed30.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.59 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H2501211010_57c865d87ce5473f8ef67d54ac7de169.pdf
  Restricted Access
Lampiran662.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.