Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157595
Title: Perancangan Tata Artistik pada Iklan Ramadhan dan Idul Fitri PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk
Other Titles: Artistic Design for Ramadhan and Eid Al-Fitr Advertisement of PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk
Authors: Priatna, Wahyu Budi
NOPIANDINI, PUTRI
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: PT Pembangunan dan Perumahan (PP) merupakan sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kegiatan usaha intinya bergerak di bidang sektor konstruksi. PT PP menyadari kebutuhan akan sebuah pembaruan terhadap citra perusahaan melalui iklan yang memperkenalkan dan menunjukkan citra perusahaan. Visualisasi pada video iklan berkaitan dengan peran seorang Penata Artistik dalam merancang visual yang akan dibuat terutama untuk menerjemahkan naskah dari scriptwriter. Proses perancangan dibuat dengan menggunakan metode pendekatan teori mise en scene yang membahas elemen-elemen yang terlihat di dalam sebuah frame. Implementasi dari rancangan ini adalah Iklan Ramadhan dan Idul Fitri sebagian besar menggunakan setting shot on location, didukung dengan dummy props yang mendukung naratif iklan agar terfokus pada pesan yang ingin disampaikan, serta kostum yang menunjukkan identitas insan PP. Hasil perancangan ini juga menunjukkan bahwa mise en scene berperan sebagai pendukung unsur naratif dari aspek sinematik yang mampu menyampaikan pesan dari kedua iklan tersebut melalui objek tidak bergerak dilihat dari segi setting, properti, wardrobe, dan didukung dengan teori warna.
PT Pembangunan dan Perumahan (PP) is a State-Owned Enterprise (SEO) whose core business activities are in the construction sector. PT PP realizes the need for a renewal of the company's image through advertisements that introduce and show the company's image. Visualization in the advertising video is related to the role of an Artistic Director in designing the visuals that will be made, especially to translate the script from the scriptwriter. The design process is made using the mise en scene theory approach method which discusses the elements that are visible in a frame. The implementation of this design is that the Ramadhan and Eid al-Fitr advertisements mostly use shot on location settings, supported by dummy props that support the advertising narrative to focus on the message to be conveyed, and costumes that show the identity of PP personnel. The results of this design also show that mise en scene plays a role as a supporting element of the narrative from the cinematic aspect which is able to convey the message of the two advertisements through non-moving objects seen from the perspective of setting, property, wardrobe, and supported by color theory.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157595
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J1301201015_e2a6b7abce8b4d358375b8a328448837.pdfCover445.66 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J1301201015_1b15dafe127147a9a1983c13f6ba55ef.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.12 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J1301201015_2a5599cd43464baebb5d2bd7602936f6.pdf
  Restricted Access
Lampiran891.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.