Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157123
Title: MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI DALAM ADOPSI PENGGUNAAN TIKTOK SHOP
Other Titles: 
Authors: Munandar, Jono Mintarto
Slamet, Alim Setiawan
Pratama, Muhammad Rizqi
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Belanja virtual tumbuh secara eksponensial dalam dua dekade pertama abad ke-20. Kemajuan infrastruktur teknologi, informasi dan komunikasi, serta perangkat seluler menandai era baru yang akan membawa ekosistem E-Commerce ke dalam ekosistem mobile commerce. Bisnis modern, baik pedagang kaki lima atau perusahaan multinasional besar yang beroperasi di berbagai benua, harus ikut andil dalam bentuk situs web dan aplikasi yang dapat diakses oleh semua orang, karena rutinitas bisnis yang cepat berubah dari struktur brick dan mortar menjadi struktur click dan mortar. Dengan perkembangan teknologi dan metode pemasaran, peneliti melihat aplikasi TikTok yang menarik untuk diteliti, Dimana aplikasi tersebut berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu web paling popular pada tahun 2021, tidak hanya menjadi social media, TikTok sendiri telah memiliki fiture baru Bernama TikTok shop, dan menjadikan TikTok Sebagai Social Ecommerce. Penelitian ini menggunakan model UTAUT2 untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan perilaku pengguna TikTok shop, dengan fokus padaperformance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, habit, hedonic motivation, price value, Attitude, serta Concumer trust sebagai variable moderasi. Studi ini mengecualikan analisis usia, jenis kelamin, dan pengalaman sebagai moderator. Studi ini melibatkan 500 responden yang merupakan pengguna TikTok Shop di daerah Jabodetabek. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling melalui distribusi kuesioner online menggunakan Google form. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti zperformance expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, dan Habit semuanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku pengguna TikTok shop. Di sisi lain, Consumer Trust Sebagai Variabel Moderasi tidak terbukti memperkuat hubungan antara Niat Perilaku Pengguna dan Perilaku Penggunaan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya faktor-faktor psikologis dan sosial dalam mendorong atau menghambat adopsi TikTok Shop di kalangan pengguna di Jabodetabek. Bagi para pengembang diharapkan untuk terus mengembangkan teknologi yang dapat meningkatkan minat pengguna.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/157123
Appears in Collections:DT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H2501202018_a7f5725c96a14a158f9f6673ebdea453.pdfCover225.06 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H2501202018_ad9ac0fcde744e67af50f84921e9fe5c.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.94 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H2501202018_123d99baf7714f98a0a7eddb50733f5e.pdf
  Restricted Access
Lampiran357.54 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.