Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156981
Title: Mitos dalam Iklan GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2
Other Titles: 
Authors: Ramdani, Guruh
PRISMA, NISRINA SATIRA
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Pesan di dalam sebuah iklan seringkali tidak disampaikan secara verbal, tetapi disampaikan secara simbolis. Salah satu strategi iklan supaya produk atau jasa dibuat merasa dekat dengan audiensnya adalah dengan menciptakan mitos-mitos yang dalam realitas sesungguhnya tidaklah seperti itu. Namun, seringkali mitos ini tidak disadari sepenuhnya oleh masyarakat jika tidak menyikapinya secara kritis. Hal semacam itu terdapat juga pada iklan GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mitos dibangun pada iklan “GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2,” Apa ideologi pada iklan “GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2” dan apa tujuan dari mitos yang dibangun pada iklan “GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2.” Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan studi literatur, menggunakan pisau bedah semiotika konotasi berlanjut dari Roland Barthes yang terdiri atas konotasi, mitos, dan ideologi. Berdasarkan hasil penelitian Mitos yang dibangun dalam iklan GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2 adalah, 1) Mitos kedekatan BTS dengan pelanggan, 2) Mitos Bintang KPOP memakan makanan khas Indonesia, 3) Mitos Pengguna GoFood diperlakukan seperti raja, 4) Mitos pengguna GoFood adalah figur yang terpercaya, 5) Mitos modernisme dan kecanggihan teknologi. Pada iklan ini pun terdapat ideologi bahwa bangsa asing dianggap lebih unggul. Tujuan dari Mitos yang dibangun pada iklan “GoFood X BTS: Mau Pesan Apa Saja 2” adalah, untuk membangun hubungan emosional antara merek dengan konsumen, dan membentuk budaya konsumerisme melalui berbagai tanda, makna, citra dan identitas yang tersebar di dalamnya dengan menggunakan anggota BTS sebagai ikon dari sifat-sifat tesebut.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156981
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301201278_31f707ab77a748f5baac3bca4a076d11.pdfCover609.82 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301201278_9f88449067a241318a6cf7eb784219a3.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.57 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301201278_932203efc5b148a5aad5e6f00a87d0ca.pdf
  Restricted Access
Lampiran436.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.