Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156775
Title: Analisis Perbandingan Campaign di Media Sosial Antara Produk Aqua dan Le Minerale Dengan Menggunakan Metode Sentiment Analysis
Other Titles: Comparative Analysis of Campaigns on Social Media Between Aqua and Le Minerale Products Using Sentiment Analysis Method.
Authors: Widyastuti, Hardiana
Muharani, Elva
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Air minum dalam kemasan penting untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari. Banyak pengguna media sosial yang membagikan pendapat dan pengalamannya terkait produk air minum dalam kemasan. Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan memahami opini dan preferensi pelanggan dari media sosial sehingga dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk, layanan, dan merek mereka. Data yang digunakan adalah data primer yang berisi postingan dari beberapa media sosial dengan memperhatikan jumlah like, komentar, dan analisis sentimen teks media sosial dalam bentuk data tabel yang dapat divisualisasikan untuk melihat opini dan sentimen pengguna media sosial, dengan kata kunci “Sehat Aqua” dan “Le Mineral”. Proses analisis sentimen menghasilkan diagram sebaran media sosial, grafik trend pembahasan produk, wordcloud, dan grafik perbandingan jumlah like. Hasil analisis sentimen untuk produk Le Minerale lebih positif daripada Aqua. Output dari analisis matriks SIPOC yaitu rekomendasi campaign, strategi media sosial, campaign kesehatan lingkungan, campaign kandungan bromat, saran endorsement, dan strategi campaign kemasan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156775
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H24170114_859c045ce5ee4faf85f792ec012966c0.pdfCover3.31 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_H24170114_170c8029f9ea4497b9be88552738dd30.pdf
  Restricted Access
Fulltext9.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.