Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156287
Title: Alternatif Strategi Bisnis Merchandising Bank A Card Center
Authors: Sumarwan, Ujang
Gumbira-Sa'Id, E.
Siswantari, Fransiska
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Dewasa ini industri perbankan yang melakukan diversifikasi usaha di bidang kartu kredit terus meningkat. Pasar kartu kredit di Indonesia mengalami pertumbuhan cukup pesat. Saat ini terdapat 18 (delapanbelas) perusahaan penerbit kartu kredit yang terdiri dari 14 (empatbelas) bank (empat bank asing, dua BUMN, satu bank campuran, dan tujuh bank swasta nasional). Tingkat kompetisi yang ketat menuntut perusahaan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat, sehingga perusahaan berhasil menang dalam persaingan. Keberhasilan pemasaran kartu kredit tidak terlepas dari produk-produk fitur yang ditawarkan, salah satu produk fitur yang ditawarkan Bank A dan perlu diperhatikan untuk menunjang strategi pemasaran kartu kredit adalah Program merchandising . Prociuk fitur ini ditawarkan kepada pemegang kartu kredit dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan kartu kredit Bank A, sebagai salah satu sumber n e based income bagi kartu kredit Bank A, serta merupakan fasilitas dari Bank A untuk pemegang kartu kredit. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisa persaingan pada bisnis kartu kredit (2) menganalisa faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Unit Merchandising dalam pemasaran produk melalui mail order, (3) menganalisa bentuk - bentuk strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi yang dilaksanakan oleh Unit Merchandising, (4) menawarkan alternatif strategi bersaing, khususnya dalam bidang pemasaran produk merchandising sehubungan dengan posisi kartu kredit Bank A dalam bisnis kartu kredit untuk menghadapi persaingan. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan fee based income bagi kartu kredit Bank A, (2) sebagai salah satu pertimbangan bagi pihak manajemen Bank A khususnya bisnis ka_rtu kredit dalam mengembangkan kinerja pemasaran merchandising mellaui program mail order, (3) sebagai persiapan Bank A untuk menghadapi persaingan yg lebih ketat di masa yang akan datang. Dan ruang lingkup penelitian ini adalah merumuskan alternatif strategi binis merchandising "Bank A" Card Center , dengan melakukan studi kasus pada Bank A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Untuk mengkaji posisi perusahaan digunakan BCG Matiks, analisis internalĀ­eksternal dengan alat analisis matriks EFE, matriks IFE , matriks IE, analisis TOWS dengan alat analisis matriks SWOT. Berdasarkan matriks pertumbuhan portfolio BCG, pada tahun 2003 posisi "Bank A" Card Center terhadap pemimpin pasar (Citibank) adalah 0,54 kali atau berada pada kuadran tipe question marks. Bisnis pada tipe diatas...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156287
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E11FSI.pdf
  Restricted Access
4.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.