Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156283
Title: Analisis Perilaku Konsumen Atribut Produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Bni dan Kaitan Strategi Pemasarannya
Authors: Djohar, Setiadi
Saptono, Imam Teguh
Wibowo
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Dana Pensiun Lembaga Keuangan yang kemudian lazim disebut dengan DPLK, merupakan salah satu usaha Pemerintah Republik Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui program dana pensiun. Dalam hal ini PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ikut menyelenggarakan program DPLK dengan produknya yang bemama "SIMPON!" (Simpanan Pensiun BNI ). Perkembangan DPLK semakin pesat, terlihat sampai akhir tahun 2002 yang beroperasi sebanyak 29 lembaga DPLK dan DPLK Bank BNI menempati urutan pertama, baik dalam total pengumpulan dana maupunjumlah anggota. Pengetahuan dan pengenalan terhadap atribut produk DPLK menjadi bagian yang harus diketahui oleh Lembaga DPLK. Atribut yang melekat pada produk DPLK, antara lain (a) aman dalam jangka panjang (b) transparan dalam pengelolaan dana (c) hasil investasi yang optimal (d) jaringan / perwakilan (cabang) yang luas (e) on line system (f) biaya pengelolaan ringan. Atribut apa yang menj adi ancuan a tau ha! yang penting bagi konsumen harus diindentifikasi dan diketahui secara baik dan j elas. Tujuan dan kegunaan penelitian diarahkan untuk (a) mengidentifikasi karakteristik perilaku konsumen dalam memilih DPLK (b) analisis sikap kosumen terhadap atribut yang ada pada DPLK (c) perumusan strategi pemasaran DPLK Bank BNI. Penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat atau bahan masukan / pertimbangan bagi manajemen Perusahaan, khususnya Unit pengelolaan DPLK Bank BNI dalam merumuskan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan yang ketat. Penelitian dilakukan berdasarkan pada metode survey dengan melakukan wawancara kepada Unit Pengelolaan DPLK Bank BNI, serta penggunaan instrumen kuesioner yang disebarkan secara accidental (kebetulan) pada responden anggota DPLK Bank BNI, dan untuk memudahkan penelitian mengambil wilayah Jabotabek. Analisis perilaku konsumen terhadap atribut-atribut produk DPLK, dilakukan didasarkan pada model sikap multi atribut Fishbein. Berdasarkan data kuesioner yang berjumlah 100 responden, sesuai rumus Slavin terlihat karakteristik responden yaitu, 34 % responden berstatus pegawai negeri / BUMN dan 66% pegawai swasta / wiraswasta, yang didominasi usia antara 30-39 tahun (45%), laki-laki (63%), berpendidikan terakhir Sl keatas (40%), keluarga punya anak (61 %), penghasilan > Rp. 2,5 - 4 juta / bulan (33%), masuk anggota DPLK karena Institusi (71 %). Dalam tabulasi silang, antara informasi adanya produk DPLK dan atas kemauan siapa menjadi anggota DPLK, menunjukan bahwa adanya informasi intern, sebanyak 71 % masuk menjadi anggota DPLK karena institusi, dan sebanyak 24% menjadi anggota DPLK karena kemauan sendiri dengan adanya informasi ekstern. ...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156283
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E11WBO.pdf
  Restricted Access
2.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.