Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156223
Title: Analisa Strategi Produk Derivatif Sebagai Alat Hedging Nasabah : Studi Kasus Bank Xyz""
Authors: Harianto
Saptono, Imam Teguh
Manik, Theodora Vinca Natalie
Issue Date: 2003
Publisher: IPB University
Abstract: Bank "XYZ" termasuk bank domestik yang aktif pada transaksi derivatif yang sebagian besar untuk memenuhi kepentingan nasabahnya. Produk derivatif yang aktif dilakukan antara unit Treasury dan nasabah adalah currency forward dan currency swap. Sedangkan produk lain, seperti interest rate swap, currency option, dan lain-lain masih dalam tahap pemasaran dan sosialisasi. Personel di unit Treasury dituntut untuk bekerja ekstra keras untuk mewujudkan pemasaran produk derivatif ini dan meningkatkan pangsa pasar produk derivatif yang telah ada sehingga dapat bersaing dengan bank- bank lainnya terutama foreign bank. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut di atas, dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peranan bank dalam pengembangan produk derivatif sebagai alat hedging nasabah, bagaimana pengaruh kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal bank dalam pengembangan produk derivatif, dan bagaimana mengatasi kekuatan (strength), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threat) bank agar mampu mengembangkan produk derivatif di tengah kompetisi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi dan implikasi tindakan yang dapat diambil oleh pelaku bisnis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi melalui produk derivatif serta mengkaji produk perbankan yang tepat sebagai alternatif strategi yang dapat bermanfaat bagi perkembangan usaha dan mengatasi resiko. Berdasarkan hasil analisa Matriks IFE/EFE dan kemudian diimplikasikan pada 9 sel pada matriks IE, maka disampaikan bahwa posisi perusahaan dalam hal ini Strategik Bisnis Unit Treasury Bank "XYZ" ada pada kuadaran V. Hasil tersebut, menunjukkan posisi perusahaan Bank "XYZ" pada kondisi "hold and maintain". Strategi yang dapat diterapkan pada kondisi perusahaan ini bila ingin berhasil dalam kompetisi terutama dalam pengembangan produk Treasury adalah intensive pasar melalui market penetration, market development, dan product development.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156223
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E12TVNM.pdf
  Restricted Access
4.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.