Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156050
Title: Strategi Portofolio Produk Pt. Kertas Padalarang
Authors: Maarif, M.Syamsul
Maulana, Agus
Nurhamdani, M
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Kertas merupakan salah satu komoditas yang tidak terlepas dari aktivitas kehidupan manusia, mulai dari aktivitas pendidikan, industri, perkantoran, perdagangan, sampai kehidupan rumah tangga. Indonesia adalah negara yang berpotensi menjadi negara pengekspor kertas yang perlu diperhitungkan oleh dunia karena Indonesia mempunyai banyak sumber bahan baku alternatif, seperti lahan pertanian, jerami, ampas tebu, rosela, dan abacca. PT Kertas Padalarang merupakan pabrik kertas tertua di Indonesia, yang berdiri pada tahun 1922, hasil produksinya terdiri dari berbagai jenis kertas yang dapat dikelompokkan menjadi produk kertas khusus/berharga, kertas sigaret, kertas tulis/cetak, dan kertas bungkus. Selain itu, PT Kertas Padalarang juga memproduksi pulp yang menggunakan bahan baku merang. Seiring dengan perubahan lingkungan yang cenderung kompleks dan dinamis, perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi yang dinamis agar tetap eksis dan cjapat mempertahankan posisi bersaingnya. Dengan demikian, perusahaan perlu mengetahui pasti kelompok produk mana yang memberikan profit tinggi ataupun kurang tinggi sehingga dapat mengalokasi sumber daya perusahaan dengan tepat. Salah satu ancangan yang dapat digunakan adalah Portofolio Prociuk Matrik Daya Tarik lndustri ( GE's Matrik ). Selain itu, dengan Portofolio Prociuk dapat dilakukan prediksi mengenai prospek tiap kelompok produk dalam bisnis perusahaan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif yang dilakukan melalui observasi langsung dalam lingkungan PT Kertas Padalarang. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data skunder yang berasal dari internal ataupun eksternal perusahaan, misalnya APPi, Pusat Data dan lnformasi Departemen Perindustrian dan Perdagangan, BPS, dan lain-lain. Pengolahan · data dilakukan dengan menggunakan Analisis Deskriptif Matrik Daya Tarik lndustri dan Analisa Pareto. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai total dimensi Daya Tarik lndustri produk kertas khusus 2,89 ,kertas sigaret 2,47 ,kertas tulis/cetak 1, 73 dan kertas bungkus 1,54. Hal ini menggambarkan bahwa kertas khusus memiliki daya tarik industri lebih tinggi daripada kelompok produk lainnya. Atau dengan kata lain, kegiatan bisnis produk kertas khusus relatif lebih menarik jika dibandingkan dengan produk kertas sigaret, · kertas tulis/cetak dan kertas bungkus. Selain itu kertas sigaret relatif lebih menarik apabila dibandingkan dengan kertas tulis/cetak dan kertas bungkus, produk kertas tulis/cetak relatif lebih menarik jika dibandingkan dengan kertas bungkus. Adapun dimensi kekuatan bisnis dapat ...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/156050
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E7MNI
  Restricted Access
4.36 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.