Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155991
Title: Analisis Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Sayuran Organik
Authors: Sumarwan, Ujang
Gumbira-Said, E
Fitrina, Lia
Issue Date: 2002
Publisher: IPB University
Abstract: Pertanian organik merupakan suatu teknologi yang pada penerapannya menyesuaikan lingkungan agar ekosistem tetap berjalan apa adanya secara alamiah, tanpa harus memutuskan salah satu mata rantai makhluk hidup (Harjono, 2000). Perkembangan pertanian organik ini dipicu oleh adanya dampak negatif yang ditimbulkan oleh revolusi hijau. Salah satu diantaranya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan. Lebih lanjut, berdasarkan kondisi objektif tersebut telah berkembang suatu wacana yang mengarah kepada pertanian berwawasan lingkungan. Kini masyarakat sangat peduli terhadap alam dan kesehatan serta dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan kimiawi (anorganik). Salah satu jenis produk organik yang memiliki prospek bisnis baik untuk dikembangkan adalah sayuran. Di samping harga yang cukup tinggi, permintaan dunia masih lebih tinggi dibandingkan pasokan dunia. Untuk itu, dalam mengembangkan agribisnis sayuran organik harus dipahami lebih dahulu bagaimana kondisi pasar sayuran tersebut, khususnya yang berkaitan dengan persepsi dan preferensi konsumen. Hal ini hanya akan dipahami melalui riset konsumen. Riset konsumen sendiri bertujuan untuk mengkaji perilaku konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi sayuran organik. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku konsumen produk sayuran organik, karakteristik produk sayuran yang sesuai dengan keinginan konsumen, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi produk sayuran organik dan rekomendasi terhadap bauran pemasaran sayuran organik dalam negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik survey dengan elemen contoh adalah konsumen yang pernah atau tetap membeli dan mengkonsumsi sayuran organik. Kerangka contoh dibagi atas dua yaitu responden yang mendatangi outlet sayuran organik dan yang namanya tercatat pada produsen dan pemasar sayuran organik dengan total responden sebanyak 206 orang. Pengambilan contoh dilakukan-dilakukan secara convenience untuk responden yang mendatangi outlet sayuran organik dan purposive untuk responden yang namanya terdaftar di produsen/pemasar sayuran organik. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung dan perjanjian temu muka yang dilanjuti dengan wawancara. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah tabulasi deskriptif, analisis chi-square dan analisis multiatribut sikap Fishbein. Berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen, media informasi yang banyak digunakan dalam menyebarkan keberadaan sayuran organik ini...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155991
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E6ALFA
  Restricted Access
6.21 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.