Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155966
Title: Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Produk Tepung Tapioka Pt. Eka Inti Tapioka Oleh Konsumen Industri : Deasy Harianti
Authors: Sumarwan, Ujang
Kirbrandoko
Harianti, Deasy
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: lndustri tepung tapioka merupakan salah satu industri berbasis pertanian (agribisnis) yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Secara kuantitas potensi bahan baku pada industri tepung tapioka sebenarnya cukup besar. lni dapat dilihat dari produksi ubi kayu di Indonesia yang cukup besar (CIC, 1998). Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia merupakan negara kedua terbesar sebagai penghasil ubi kayu setelah Thailand. Penggunaan tepung tapioka dikalangan industri dapat dibagi dalam dua jenis, yaitu penggunaan di sektor makanan dan sektor bukan makanan (non-food). Di sektor makanan, tepung tapioka dapat digunakan pada industri gula cair (glukosa dan fruktosa), industri mie instan, industri bakery, industri biskuit, industri kerupuk, industri permen, industri sauce, dan lain-lain. Sedangkan untuk sektor bukan makanan (non-food), penggunaan tepung tapioka adalah pada industri kertas, industri tekstil, dan industri sorbitol. PT. Eka Inti Tapioka yang merupakan salah satu dari industri yang juga berkecimpung dibidang industri tepung tapioka memiliki kapasitas produksi sekitar 75.000 ton per tahun dan berada di bawah naungan PT.Kuala lntan Grup. PT. Eka Inti Tapioka menyadari bahwa dengan banyaknya permintaan akan tepung tapioka serta banyaknya industri yang berkecimpung dalam industri tepung tapioka tersebut, maka PT.Eka Inti Tapioka harus mampu bersaing dengan industri-industri tersebut. Hal ini penting dilakukan agar PT.Eka Inti Tapioka dapat tetap exist dibidangnya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui pemasaran. Pemasaran adalah proses manajemen yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Sebaliknya,ini haruslah menghasilkan loyalitas atau suatu anggapan yang menyebabkan pelanggan menggunakan produk terus menerus, pondasi dari hampir semua merek-merek besar. Merek memegang peranan penting dalam memperjelas faktor pemasaran (Arnold,1996). PT. Eka Inti Tapioka dalam hal ini hanya memiliki satu merek untuk produk tepung tapiokanya, yaitu Gunung Tampomas. Gunung Tampomas harus bersaing dengan merek-merek yang dikeluarkan oleh industri-industri lain dibidang sejenis. ...dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155966
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R18DHI
  Restricted Access
2.21 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.