Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155944
Title: Kajian Strategi Produk Dalam Upaya Pengembangan Pangsa Pasar Udang Beku Di Pt. Centralwindu Sejati Surabaya
Authors: Herlina, Lien
Ratnawati, Anny
Widodo, Agung
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: Udang merupakan salah satu komoditi yang sangat populer dan mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi di perdagangan internasional. Ekspor udang diperkirakan pada tahun 2003 mendatang akan mencapai 4,6 miliar US $ dan berpotensi menunjang devisa negara pada sektor perikanan. Udang memiliki kontribusi terbesar bagi devisa negara dibandingkan komoditi ekspor hasil laut lain Indonesia seperti ikan tuna, rumput laut dan mutiara. PT Centralwindu, Sejati (PT CWS) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bisnis pengolahan dan ekspor udang, hampir semua udang yang mereka olah di ekspor. Produk udang olahan yang diproduksi PT CWS banyak jenisnya, namun jenis yang diproduksi setiap harinya tergantung pada pemesanan pasar, saat ini hanya terdapat sembilan jenis produk yang secara rutin diproduksi oleh PT CWS. Hal ini mungkin dikarenakan para pelanggan (pengimpor udang) hanya mengenal perusahaan sebagai pengolah sembilan item saja atau memang promosi yang dilakukan oleh perusahaan kurang mengena sehingga pengimpor tidak mengetahui bahwa perusahaan juga melayani item yang lain. PT. CWS berlokasi di kawasan Rungkut Industri (kawasan SIER) tepatnya berlokasi di jalan Berbek Industri 1/24, Surabaya. dengan kantor cabang di Medan. Kantor cabang ini dipilih di Medan disebabkan karena kota ini dianggap sebagai kota terbesar di Sumatera dan perusahaan ini ingin mengembangkan usahanya di Sumatera. Kantor cabang yang sedang direncanakan untuk dibangun adalah di Ujung Pandang (Sulawesi) dan di Pontianak (Kalimantan). Produk udang beku yang dihasilkan mempunyai tujuan utama di ekspor dan saat ini sudah mulai mengembangkan produk lokal. Perusahaan ini hanya melayani job order, yaitu pesanan dari pengimpor dalam membuat produknya. Job order didapatkan dari para pengimpor udang dari negara tujuan. PT CWS sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor udang harus bisa mempersiapkan diri untuk bisa menghadapi tantangan dan ancaman, dan mengambil peluang yang ada pada pasar bebas nantinya. Untuk itu perlu dilakukan kajian seberapa jauh strategi produk udang beku yang dilakukan perusahaan dalam upaya pengembangan pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis strategi pemasaran PT CWS saat ini, (2) Menganalisis pangsa pasar dan peramalan permintaan udang beku PT CWS (3) Menganalisis pola persaingan produk di industri udang beku (4) Merumuskan strategi produk dan rekomendasi untuk mengembangkan pangsa pasar. Ruang lingkup penelitian hanya mengarah pada strategi produk yang tepat yang bisa terpilih dalam Proses Hierarki Analisis. ....dst.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155944
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R19AWO
  Restricted Access
4.15 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.