Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155919
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHerlina, Lien
dc.contributor.advisorPambudy, Rachmat
dc.contributor.authorAndria, Fredi
dc.date.accessioned2024-08-06T06:43:00Z
dc.date.available2024-08-06T06:43:00Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155919
dc.description.abstractPT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya atau lebih dikenal dengan nama PT Kusuma Agrowisata merupakan perusahaan pionir dalam hal pembuatan produk apel olahan. Munculnya ide (tahun 1992) untuk melakukan pengolahan ini didasarkan pada keadaan banyaknya apel segar afkiran (grade C dan D) ± 30-40 persen dari total hasil kebun perusahaan, dan tidak menguntungkan jika dijual sebagai fresh product walaupun masih layak konsumsi. Apel afkiran ini kemudian mulai diolah (tahun 1994) menjadi beberapa produk olahan (seperti jenang apel, wingko apel, selai apel, sari buah apel dan brem apel) yang mulanya dijual sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi pengunjung yang berwisata ke PT Kusuma Agrowisata. Pada tahun 1996, beberapa produk olahan ini mulai dipasarkan ke luar lingkungan perusahaan dengan memposisikannya sebagai produk cemilan harian (daily product) dengan merk "Kusuma". Usaha yang sebelumnya dianggap sebagai unit bisnis sampingan, ternyata memberikan perolehan keuntungan yang cukup besar bagi PT Kusuma Agrowisata. Hal ini dapat dilihat pada data terakhir perusahaan (tahun 2000) yang menggambarkan bahwa untuk produk jenang apel memberikan kontribusi rata-rata per bulan sebesar 20.92 persen bagi perolehan keuntungan perusahaan. Selanjutnya produk apel olahan lainnya memberikan kontribusi rata-rata per bulan berturu-turut; wingko apel (1.49 persen), selai apel (1.99 persen), sari buah apel (6.86 persen) dan brem apel (0.40 persen). Peningkatan permintaan pasar akan produk apel olahan ini menuntut PT Kusuma Agrowisata untuk dapat meningkatkan kuantitas, kualitas dan terobosan-terobosan pemasaran dalam memasarkan produk- produk tersebut. Sejauh ini unit bisnis pengolahan apel yang berada di PT Kusuma Agrowisata ini masih dioperasikan dengan skala kecil, sistem operasional yang masih sederhana dan peralatan yang masih tradisional. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan masalah besar bagi perusahaan jika menghadapi kondisi persaingan yang lebih ketat yang diprediksikan di masa depan. Untuk itulah pentingnya penelitian ini bagi usaha perbaikan dan pengembangan strategi dan program pemasaran PT Kusuma Agrowisata khususnya dalam unit bisnis produk apel olahan. ...dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleRevitalisasi Pemasaran Produk Apel Olahan dan Implikasinya Terhadap Strategi dan Bauran Pemasaran Pt. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya Malangid
dc.subject.keywordProduk Apel Olahan
dc.subject.keywordPT Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya
dc.subject.keywordMalang
dc.subject.keywordManajemen Pemasaran
dc.subject.keywordRevitalisasi Pemasaran
dc.subject.keywordAnalisis Persaingan Industri,
dc.subject.keywordSWOT
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R18FAA
  Restricted Access
6.78 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.