Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155915
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTanopruwito, Djoni
dc.contributor.advisorHarianto
dc.contributor.authorKartika, Tipri Rose
dc.date.accessioned2024-08-06T06:42:57Z
dc.date.available2024-08-06T06:42:57Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155915
dc.description.abstractPT Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri alas kaki yang didirikan di Indonesia pada tanggal 15 Oktober 1931 dengan akte notaris Adrian Hendrick Van Ophuisjen No. 64, dengan nama Nederlandsch-Indische Schoenhandel Maatschappij Bata, kemudian tanggal 29 Desembar 1931 berubah namanya menjadi PT Sepatu Bata. Perusahaan ini berkantor pusat di Jalan TMP Kalibata, Jakarta dan sekaligus sebagai lokasi pabrik bergerak di bidang industri alas kaki. Pada tahun 1995 pabrik baru di buka di Purwakarta Jawa Barat. Sampai saat ini perusahaan ini adalah pelopor perusahaan alas kaki di Indonesia. Agar tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salah satu yang tetap harus dipertahankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan juga mengacu kepada standar industri sejenis. Bisnis alas kaki di Indonesia memiliki pangsa pasar yang potensial di masa yang akan datang. Namun ancaman yang dihadapi juga cukup besar. Persaingan antar produk membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat akan alas kaki masih sangat besar. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagal berikut.1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kinerja perusahaan 2) Menganalisis kinerja keuangan perusahaan selama periode 1996-2000 3)Merumuskan kebijakan strategis yang berhubungan dengan perusahaan sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja perusahaan dalam rangka pengembangan usaha. Penelitian ini khusus dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang berpengaruh pada kinerja perusahaan dan analisis kinerja PT Sepatu Bata itu sendiri. Dari hasil analisis internal dan eksternal didapat faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Faktor-faktor yang menjadi kekuatan perusahaan adalah efektivitas saluran distribusi, variasi produk, efisiensi produksi, kualitas produk terjamin, harga produk bersaing, laba usaha yang meningkat, citra perusahaan yang baik, sedangkan kelemahan perusahaan terletak pada pelatihan yang belum dilakukan secara optimal, penguasaan teknologi yang kurang dan lamban, dan promosi yang kurang. Dari faktor eksternal didapat peluang perusahaan adalah besarnya pasar baik domestik maupun ekspor, daya beli konsumen yang meningkat, perkembangan teknologi, pertumbuhan pasar yang tinggi, jumlah konsumen....dst.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Keuanganid
dc.titleAnalisis Kinerja Keuangan Pt. Sepatu Bata Dalam Rangka Pengembangan Usahaid
dc.subject.keywordPT Sepatu Bata
dc.subject.keywordAnalisis Matriks Eksternal-Internal
dc.subject.keywordAnalisis Rasio
dc.subject.keywordAnalisis Tren
dc.subject.keywordAnalisis Persentase per Komponen
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R18TRKA
  Restricted Access
3.71 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.