Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155871
Title: Analisis Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Tablet Hisap Vitamin C Dalam Rangka Formulasi Strategi Bauran Promosi Pt. Kalbe Farma
Authors: Wagiono, Yayah K
Harianto
Hutasoit, Arwin N
Issue Date: 2001
Publisher: IPB University
Abstract: PT. Kalbe Farma adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri obat-obatan di Indonesia yang besar dan mapan. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis obat dengan berbagai merek dan kegunaannya untuk target konsumen yang cukup beragam. Salah satu produk yang dihasilkan oleh PT. Kalbe Farma adalah tablet hisap vitamin C yang dijual bebas atau masuk dalam jenis OTC (Over The Counter) dengan merek Xon-Ce. Produk ini telah dikenal luas oleh masyarakat dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Persaingan yang cukup ketat dan runtuhnya perekonomian Indonesia akibat krisis yang berkepanjangan serta adanya pergeseran konsumsi obat oleh masyarakat, yaitu dari obat paten ke jenis obat generik dan obat tradisional termasuk jamu juga menyulitkan industri farmasi. Persaingan industri di bidang farmasi saat ini salah satunya dapat terlihat dari semakin banyaknya produk obat-obatan dalam berbagai jenis yang beredar di pasar, baik yang diproduksi di dalam negeri maupun produk impor dari luar negeri. Selain itu maraknya iklan obat bebas (OTC/Over The Counter) yang terlihat di berbagai media cetak maupun elektronik menunjukkan semakin ketatnya persaingan dalam merebut dan mempertahankan market share dari pasar obat di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka PT. Kalbe Farma mencoba untuk menggali lebih jauh mengenai perilaku konsumen untuk produk tablet hisap vitamin C, terutama untuk merek Xon-Ce yang juga tidak luput dari persaingan yang ketat dengan produk sejenis lainnya. dst...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155871
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R17ANH
  Restricted Access
5.32 MBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.