Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155418| Title: | Nilai Kemanfaatan Permainan Intelegensi "PELUK' terhadap Anak Disabilitas Tunagrahita di Kota Semarang |
| Other Titles: | Usefulness of 'PELUK' Intelligence Game for Children with Disabilities in Semarang City |
| Authors: | Prabandari, Dyah Bonanza, Occy ZAKIYYAH, RINDRA NISA |
| Issue Date: | 2024 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak (Sholeh, 2015). Tunagrahita masuk ke dalam disabilitas intelektual dengan tingkat intelegensinya atau intelligence Quotient (IQ) berada di bawah rata rata. Pada penelitian ini terdapat 59 responden anak tunagrahita dari 4 SLB di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku keseharian anak tunagrahita, mengidentifikasi perilaku keseharian ibu pada masa kehamilan, membuat permainan yang dapat menjadi sarana rekreasi bagi anak tunagrahita, menilai kemanfataan permainan agar menjadi sarana rekreasi bagi anak tunagrahita. Pada penelitian ini menggunakan observasi.wawancara (open ended), dan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengambilan data, sedangkan dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan uji wilcoxon signed rank test. Anak tunagrhita dengan keterbatasannya memerlukan bantuan untuk melakukan keseharainnya. Pada saat mengandung tidak terdapat keluhan yang dirasakan para Ibu sehingga para Ibu menjalakan kehidupannya seperti wanita hamil pada umumnya, namun sekitar 4 bulan setelah kelahiran, anak anak disabilitas tunagrahita baru terdiagnosis mengalami hambatan dalam perekembangan intelektual. Keterbatasan ini membuat anak-anak tunagrahita memerlukan media pembelajaran yang dapat menarik perhatiannya melalui permainan papan intelgensi “PELUK” (Tempel Huruf dan Angka) |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155418 |
| Appears in Collections: | UT - Ecotourism |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| cover_J0302201030_bebf0716c6534ee881b59530719f0e0f.pdf | Cover | 596.58 kB | Adobe PDF | View/Open |
| fulltext_J0302201030_1baa300c8d1a4277a49148870b76aef7.pdf Restricted Access | Fulltext | 1.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
| lampiran_J0302201030_a7fa96a58c6a439c8d1adcc023b4f012.pdf Restricted Access | Lampiran | 435.23 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.