Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155318
Title: Formulasi Strategi Pemasaran UMKM Gethuk Pisang Pemuda Dua di Kota Kediri
Other Titles: Formulation of Marketing Strategy for MSME of Gethuk Pisang Pemuda Dua in Kediri City
Authors: Aviny, Eva Yolynda
Al-Baihaqi, Mohamad Yus
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: UMKM Gethuk Pisang Pemuda Dua adalah salah satu UMKM makanan tradisional yang menyediakan makanan khas Kota Kediri berupa gethuk pisang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran pada UMKM Gethuk Pisang Pemuda Dua dan memformulasikan strategi yang tepat untuk pemasaran pada UMKM Gethuk Pisang Pemuda Dua. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan formulasi strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah faktor strategis internal berupa kekuatan dan kelemahan meliputi mutu produk terjamin, lokasi strategis, penjualan sudah menggunakan e-commerce, harga terjangkau, target pasar jelas, tidak ada varian produk, media sosial belum optimal, dan belum tersedia pembayaran digital. Faktor strategis eksternal berupa peluang dan ancaman meliputi peningkatan permintaan pasar, perkembangan teknologi, akses modal yang mudah, munculnya pesaing, dan fokus pemerintah pada UMKM baru. Oleh karena itu, UMKM Gethuk Pisang Pemuda Dua harus segera menerapkan strategi untuk membantu pemasaran meliputi penggunaan teknologi untuk kemudahan transaksi dan media sosial, menerapkan pengawasan yang ketat dengan menambah divisi QC pada produk dan menjalin hubungan yang baik kepada semua stakeholder.
MSME of Gethuk Pisang Pemuda Dua is one of the traditional food MSMEs that provides typical Kediri City food in the form of gethuk pisang. This research aims to analyze the internal and external factors that influence marketing at Gethuk Pisang Pemuda Dua MSME and formulate appropriate strategies for marketing at Gethuk Pisang Pemuda Dua MSME. The research method used in this research are descriptive analysis method with a qualitative approach and strategy formulation using the SWOT matrix. The results of this research are internal strategic factors in the form of strengths and weaknesses including guaranteed product quality, strategic location, sales using e-commerce, affordable prices, clear target market, no product variants, social media not yet optimal, and digital payments not yet available. External strategic factors in the form of opportunities and threats include increasing market demand, technological developments, easy access to capital, the emergence of competitors, and the government's focus on new MSMEs. Therefore, Gethuk Pisang Pemuda Dua MSME must immediately implement strategies to help marketing including the use of technology for easy transactions and social media, implementing strict supervision by adding a QC division for products and establishing good relationships with all stakeholders.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155318
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H34170039_2ac61312b56848c1ac49468ff80e386d.pdfCover506.12 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_H34170039_5fdaebcdc85f41a2a199b5c225c8c728.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.35 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H34170039_7f6f33f2b5514c08b9147709ba134906.pdf
  Restricted Access
Lampiran173.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.