Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155175
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUntari, Rini
dc.contributor.advisorPrabandari, Dyah
dc.contributor.authorGradelia, Arda
dc.date.accessioned2024-07-31T02:54:57Z
dc.date.available2024-07-31T02:54:57Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155175
dc.description.abstractMotivasi dapat menjadi faktor penting seseorang dalam menentukan sebuah keputusan pembelian, termasuk saat memutuskan berwisata. Perilaku wisatawan bagian penting dalam berwisata sebagai proses pengambilan keputusan dalam menilai, mendapatkan atau menggunakan barang atau jasa. Tujuan dari proyek akhir yaitu mengidentifikasi sumberdaya ekowisata, menganalisis motivasi wisatawan, menganalisis perilaku wisatawan, menganalisis hubungan motivasi dengan perilaku wisatawan dan menyusun luaran berupa program wisata dan media audiovisual. Proyek akhir dilaksanakan di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta pada 2 Januari - 16 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan mencakup studi literatur, observasi, wawancara, dan survei dengan kuesioner tertutup kepada 150 responden. Data hubungan motivasi dengan perilaku wisatawan diolah dengan analisis korelasi Rank Spearman. Hasil proyek akhir menunjukkan bahwa Desa Pusakamulya memiliki tiga jenis sumberdaya wisata yaitu alam, budaya, dan buatan. Motivasi tertinggi wisatawan meliputi rekreasi aktif untuk motivasi fisik, peningkatan pengetahuan berbasis informal untuk motivasi budaya, penambahan relasi untuk motivasi sosial, dan pencapaian rasa kepuasan untuk motivasi status. Perilaku wisatawan didominasi oleh kegiatan seperti menikmati kuliner untuk perilaku fisik, mengenal lingkungan baru untuk perilaku budaya, melakukan kegiatan outbound untuk perilaku sosial, dan mengabadikan momen untuk perilaku status. Hasil analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara motivasi dengan perilaku wisatawan, dengan korelasi koefisien kuat. Luaran proyek akhir yang dirancang berupa program wisata edu fun dan eco camp fun, serta video promosi wisata dengan durasi 1.55 menit.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHubungan Motivasi Dengan Perilaku Wisatawan di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Baratid
dc.title.alternative
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordMotivationid
dc.subject.keywordBehaviorid
dc.subject.keywordTourism Programid
dc.subject.keywordPusakamulya Villageid
dc.subject.keywordTouristsid
Appears in Collections:UT - Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J1302201018_e6128b848f1047f79733ec3bb82e6470.pdfCover606.34 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J1302201018_17799ca0ad194bb682680b50d7548dfd.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.5 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J1302201018_cacc395281524cc7b2f5f329b18ae78a.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.