Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155051
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRiyanto, Sutisna-
dc.contributor.authorDwitami, Andini-
dc.date.accessioned2024-07-30T01:27:22Z-
dc.date.available2024-07-30T01:27:22Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/155051-
dc.description.abstractANDINI DWITAMI. Penerapan AIDA pada Strategi Penulisan Naskah Video Promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO. Strategi promosi yang digunakan dalam proyek akhir ini yaitu menggunakan strategi AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) sebagai strategi pembuatan video promosi dengan media yang digunakan yaitu Instagram. Lokasi dari pembuatan video promosi yaitu di Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan waktu pelaksanaan bulan Januari hingga Februari 2024. Tujuan dari pembuatan laporan akhir ini yaitu mengidentifikasi objek dan inovasi yang mempunyai nilai untuk pembuatan video promosi serta menerapkan strategi AIDA dalam video promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memiliki objek dan inovasi yang memiliki nilai promosi yaitu Mangrove Trail “Joko Landro”, Pemeliharaan Teripang, Arboretum Mangrove, dan Pelestarian Penyu. Attention diupayakan melalui video promosi yang memanfaatkan kombinasi warna, tipografi, dan gambar yang menarik, menggunakan judul video promosi dengan font yang menarik dan motion yang bergerak. Interest dengan penerapan tagline atau judul yang menarik, serta narasi yang mendukung video promosi. Desire menerapkan narasi yang menginspirasi, insentif, dan ajakan. Action dilakukan melalui tindakan dengan narasi ajakan untuk bertindak, seperti mengunjungi website Simpulseribu.id dan caption di Instagram @btn_kep_seribu. Kata Kunci: AIDA, kepulauan seribu, pariwisata, strategi promosi, video.-
dc.description.abstractANDINI DWITAMI. Application of AIDA in the Sciptwriting Strategy for the Promotional Video of Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO. The promotion strategy used in this final project is the AIDA strategy (Attention, Interest, Desire, and Action) for creating promotional videos with Instagram as the medium. The location for the production of the promotional video is at the Thousand Islands National Park Office, with the implementation period from January to February 2024. The purpose of this final report is to identify objects and innovations that have value for the creation of promotional videos and to apply the AIDA strategy in the promotional video for the Thousand Islands National Park. The Thousand Islands have objects and innovations that hold promotional value, including the Mangrove Trail "Joko Landro," Sea Cucumber Maintenance, Mangrove Arboretum, and Turtle Conservation. Attention is sought through promotional videos that utilize a combination of attractive colors, typography, and images, using promotional video titles with appealing fonts and moving motion. Interest is achieved through the implementation of an attractive tagline or title, as well as a narrative that supports the promotional video. Desire is fostered through inspiring narratives, incentives, and calls to action. Action is driven through narrative calls to action, such as visiting the website Simpulseribu.id and the caption on Instagram @btn_kep_seribu. Keyword: AIDA, thousand islands, tourism, promotion strategy, video.-
dc.description.abstractANDINI DWITAMI. Penerapan AIDA pada Strategi Penulisan Naskah Video Promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO. Strategi promosi yang digunakan dalam proyek akhir ini yaitu menggunakan strategi AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) sebagai strategi pembuatan video promosi dengan media yang digunakan yaitu Instagram. Lokasi dari pembuatan video promosi yaitu di Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan waktu pelaksanaan bulan Januari hingga Februari 2024. Tujuan dari pembuatan laporan akhir ini yaitu mengidentifikasi objek dan inovasi yang mempunyai nilai untuk pembuatan video promosi serta menerapkan strategi AIDA dalam video promosi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memiliki objek dan inovasi yang memiliki nilai promosi yaitu Mangrove Trail “Joko Landro”, Pemeliharaan Teripang, Arboretum Mangrove, dan Pelestarian Penyu. Attention diupayakan melalui video promosi yang memanfaatkan kombinasi warna, tipografi, dan gambar yang menarik, menggunakan judul video promosi dengan font yang menarik dan motion yang bergerak. Interest dengan penerapan tagline atau judul yang menarik, serta narasi yang mendukung video promosi. Desire menerapkan narasi yang menginspirasi, insentif, dan ajakan. Action dilakukan melalui tindakan dengan narasi ajakan untuk bertindak, seperti mengunjungi website Simpulseribu.id dan caption di Instagram @btn_kep_seribu. Kata Kunci: AIDA, kepulauan seribu, pariwisata, strategi promosi, video.-
dc.description.abstractANDINI DWITAMI. Application of AIDA in the Sciptwriting Strategy for the Promotional Video of Kepulauan Seribu. Dibimbing oleh SUTISNA RIYANTO. The promotion strategy used in this final project is the AIDA strategy (Attention, Interest, Desire, and Action) for creating promotional videos with Instagram as the medium. The location for the production of the promotional video is at the Thousand Islands National Park Office, with the implementation period from January to February 2024. The purpose of this final report is to identify objects and innovations that have value for the creation of promotional videos and to apply the AIDA strategy in the promotional video for the Thousand Islands National Park. The Thousand Islands have objects and innovations that hold promotional value, including the Mangrove Trail "Joko Landro," Sea Cucumber Maintenance, Mangrove Arboretum, and Turtle Conservation. Attention is sought through promotional videos that utilize a combination of attractive colors, typography, and images, using promotional video titles with appealing fonts and moving motion. Interest is achieved through the implementation of an attractive tagline or title, as well as a narrative that supports the promotional video. Desire is fostered through inspiring narratives, incentives, and calls to action. Action is driven through narrative calls to action, such as visiting the website Simpulseribu.id and the caption on Instagram @btn_kep_seribu. Keyword: AIDA, thousand islands, tourism, promotion strategy, video.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenerapan AIDA pada Strategi Penulisan Naskah Video Promosi Taman Nasional Kepulauan Seribuid
dc.title.alternativeApplication of AIDA in the Sciptwriting Strategy for the Promotional Video of Kepulauan Seribu.-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordAIDAid
dc.subject.keywordtourismid
dc.subject.keywordthousand islandsid
dc.subject.keywordpromotion strategyid
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301201182_b7f84e079acb466d8b3b0deb98728767.pdfCover1.9 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301201182_0e03e28e31e6493eb4c231204d8d3241.pdf
  Restricted Access
Fulltext902.58 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301201182_ad6cebf90b514380887c3f507830f8e2.pdf
  Restricted Access
Lampiran961.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.