Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154603
Title: Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Generasi Y dan Z terhadap KPR Rent to Own Bank BTN
Other Titles: Factors Affecting Generation Y and Z's Interest Toward Bank BTN's Rent to Own Mortgage
Authors: Indrawan, Raden Dikky
Kamilah, Khairiyah
Zahran, Muhammad Balya Rafa
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Pertumbuhan penduduk yang meningkat, diproyeksikan hingga tahun 2050, meningkatkan kebutuhan akan rumah dan beban finansial bagi penduduk usia produktif, khususnya generasi Y dan Z yang ditunjukkan oleh meningkatkan rasio ketergantungan, sehingga sulit bagi kalangan usia produktif untuk memiliki hunian layak. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi Y dan Z di Jabodetabek dalam memilih skema KPR Rent to Own (RTO) yaitu berasal dari bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion), menggunakan data sekunder dari Bank BTN. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi logistik biner menggunakan SPSS 25 untuk mengetahui faktor-faktor signifikan terhadap minat KPR RTO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar generasi Y dan Z memiliki minat membeli rumah, namun kelompok yang berminat menyewa rumah menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap KPR RTO dibandingkan dengan kelompok yang berminat membeli rumah. Pada model regresi gabungan wilayah Jabodetabek, terdapat tiga variabel signifikan pada kategori produk yaitu harga rumah yang sesuai dengan kesepakatan awal, fasilitas perbaikan rumah, dan fleksibilitas dalam menentukan periode sewa dan beli rumah. Sedangkan pada kategori harga terdapat dua variabel signifikan yaitu kesediaan membayar sewa rumah lebih tinggi daripada sewa konvensional dan pengembalian uang muka sebesar 5 persen. Model regresi di masing-masing wilayah mencakup Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, menunjukkan bahwa terdapat tiga wilayah yang memiliki masing-masing satu variabel signifikan: wilayah Jakarta dengan kesediaan membayar sewa lebih tinggi daripada sewa konvensional, serta wilayah Bogor dan Depok dengan kesediaan pada pengembalian uang muka sebesar 5 persen. Selain itu, mengomunikasikan nilai tambah KPR RTO dapat menarik lebih banyak nasabah.
The increasing population growth, projected until 2050, raises the demand for housing and financial burdens on the working-age population, particularly Generation Y and Z, as indicated by the increasing dependency ratio. This makes it challenging for the working-age group to afford decent housing. This study analyzes the factors influencing the interest of Generation Y and Z in Jabodetabek in choosing Rent to Own (RTO) mortgage schemes, derived from the 4P marketing mix (Product, Price, Place, Promotion), using secondary data from Bank BTN. Data analysis was conducted through descriptive analysis and binary logistic regression using SPSS 25 to identify significant factors affecting interest in RTO mortgages. The results show that most Generation Y and Z individuals are interested in buying houses; however, those who prefer renting show higher interest in RTO mortgages compared to those who prefer buying. In the combined regression model for Jabodetabek, three significant variables were identified in the product category: initial house price agreement, home improvement facilities, and flexibility in determining rental and purchase periods. In the price category, two significant variables were identified: willingness to pay higher rent than conventional rent and a 5 percent down payment refund. The regression model for each region, including Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi, indicates that three regions have one significant variable each: Jakarta with willingness to pay higher rent than conventional rent, and Bogor and Depok with a 5 percent down payment refund. Additionally, communicating the added value of RTO mortgages can attract more customers.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154603
Appears in Collections:UT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1401201058_18636fa552ae4385a1b2353732dfd79f.pdfCover1.06 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1401201058_a163522ca96d4022a7da7ab7028d9826.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.59 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1401201058_8740df00002a4f8587ab14ffbcd445c9.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.