Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTartiani, Yuni Astuti Tri-
dc.contributor.authorAFIFAH, SHINTA NUR-
dc.date.accessioned2024-07-19T02:33:48Z-
dc.date.available2024-07-19T02:33:48Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/154273-
dc.description.abstractUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia, tetapi sering menghadapi tantangan teknologi. UMKM yang diteliti bergerak di bidang jasa perbaikan dan penjualan sparepart, terdapat kendala pencatatan manual dan penyimpanan data yang kurang efektif pada transaksi penjualan dan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi untuk mengatasi adanya kendala yang fokusnya pada alur transaksi, dengan tujuan meminimalisir kesalahan catatan dan potensi kecurangan. Data tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pendekatan studi kasus serta metode yang digunakan menggunakan metode waterfall. Penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya pemisahan tugas pada Maulana Motor Service yang mengakibatkan masalah dalam pencatatan transaksi dan potensi kehilangan bukti pembayaran. Hal ini dapat diatasi dengan sistem informasi yang dirancang. Dengan menggabungkan Microsoft Access dan Visual Studio, sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keamanan data transaksi sehingga sistem tersebut memberikan solusi bagi UMKM agar transaksi penjualan dan pembelian yang dihasilkan menjadi lebih teratur, serta bukti transaksi yang dihasilkan tidak hanya dalam bentuk fisik tetapi UMKM memiliki penyimpanan dalam bentuk basis data-
dc.description.abstractMicro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are vital to Indonesia's economy but often struggle with technology. The MSME studied focuses on repairing and selling spareparts, there are issue with manual record-keeping and inefficient data storage during transactions. This study aims to design a new information system to tackle these problems. It will improve how transactions are recorded to reduce errors and prevent fraud. Data was gathered through observing, interviewing, and documenting processes using a case study with watrefall method. The research identifies issue like tasks not being clearly separated at Maulana Motor Service, which caused issues with recording transactions and possibly losing proof of payments. These issues can be solved with a new information system. By using Microsoft Access and Visual Studio together, the system aims to make transactions more efficient, accurate, and secure. This solution ensures that MSMEs can keep their sales and purchase records organized, storing transaction details not just on paper but also in a database-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerancangan Sistem Informasi Transaksi Penjualan dan Pembelian Sparepart pada Maulana Motor Serviceid
dc.title.alternativeDesign of Sales and Purchase Transaction Information System for Spare Parts at Maulana Motor Service-
dc.typeTugas Akhir-
dc.subject.keywordDesignid
dc.subject.keywordSystemid
dc.subject.keywordUMKMid
dc.subject.keywordAccesid
dc.subject.keywordMSMEid
Appears in Collections:UT - Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0314201149_2ff33e27b8d8442eb8d72a04297bcd26.pdfCover3.04 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0314201149_019a02be37834093b356e80a259159ec.pdf
  Restricted Access
Fulltext760.4 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0314201149_7a37261c516c4e518655e50fd565e8c7.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.