Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153954
Title: Efektivitas Akun Instagram @Bima.Kemdikbudristek sebagai Media Penyebaran Informasi Publik untuk Dosen Perguruan Tinggi Pendidikan Akademik
Other Titles: 
Authors: Sartika, Ika
Wahyudi, Fuja Nurcantika
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat melakukan penyebaran informasi kepada dosen perguruan tinggi pendidikan akademik melalui Instagram @Bima.Kemdikbudristek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Instagram sebagai media penyebaran informasi dengan metode AISAS serta faktor yang berhubungan dengan efektivitas Instagram. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan metode survei. Responden pada penelitian ini yaitu dosen perguruan tinggi pendidikan akademik sebanyak 101 orang yang dibagi berdasarkan teknik sampling kuota ke masing-masing wilayah LLDIKTI I – XVI secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan Instagram @Bima.Kemdikbudristek merupakan media sosial yang efektif dalam melakukan penyebaran informasi, menyampaikan informasi dan menyajikan visual konten yang berkualitas. Faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas Instagram yaitu kualitas informasi dan kualitas visual konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas informasi dan kualitas visual konten memiliki hubungan sangat nyata dengan variabel efektivitas Instagram.
The Directorate of Research, Technology and Community Service disseminates information to lecturers of academic education universities through Instagram @Bima.Kemdikbudristek. This study aims to analyze the effectiveness of Instagram as a medium for disseminating information using the AISAS method and factors related to the effectiveness of Instagram. The research method used in this research is quantitative method with survey method. Respondents in this study were 101 academic education college lecturers who were divided based on quota sampling techniques to each LLDIKTI I - XVI region purposively. The results showed that Instagram @Bima.Kemdikbudristek is an effective social media in disseminating information, conveying information and presenting quality visual content. Factors related to the effectiveness of Instagram are information quality and visual content quality. The results show that the variables of information quality and visual quality of content have a very real relationship with the variable effectiveness of Instagram.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153954
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301201245_6869d658088b45a9981b33ce69d5bb65.pdfCover999.67 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301201245_08d1b9a092a54431b5b75776783f061c.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.71 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301201245_f6ca282712fb4f6a9c8ccda277f2b41c.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.