Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153824
Title: Efektivitas Pembelajaran Online pada Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB Angkatan 57
Other Titles: Effectiveness of Online Learning in Communication Digital and Media Study Program of Batch 57 IPB Vocational School
Authors: Riyanto, Sutisna
Natasya, Andrea
Issue Date: 2024
Publisher: IPB University
Abstract: ANDREA NATASYA. Efektivitas Pembelajaran Online pada Program Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB Angkatan 57. Effectiveness Online Learning in Communication Digital and Media Vocational School IPB Batch 57. Dibimbing oleh Sutisna Riyanto Covid-19 yang dikatakan sebagai pandemi pada tahun 2020, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan lockdown. Melihat situasi tersebut Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim menerbitkan surat edaran tentang pelaksaan pendidikan dalam masa darurat yaitu pembelajaran secara online (daring). Pembelajaran daring mengharuskan mahasiswa beradaptasi belajar dengan menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu ukuran keberhasilan dalam metode pembelajaran. Timbulnya pandemi covid-19 yang kemudian melahirkan metode pembelajaran baru yakni dengan menggunakan media-media seperti zoom, kemudian menimbulkan pertanyaan apakah pembelajaran online ini sudah cukup efektif menggantikan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran online pada Program Studi Komunikasi Digital dan Media yang mencakup kualitas pembelajaran dan penerimaan materi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif didukung data kualitatif dengan metode survei. Penelitian melibatkan 45 responden dengan teknik convinience sampling dari populasi mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media angkatan 57. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari 2024 sampai bulan April 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran online yang dilakukan pada Program Studi Komunikasi Digital dan Media sudah cukup efektif. Pembelajaran online di lihat dari dua indikator yaitu, kualitas pembelajaran dan penerimaan materi. Kedua indikator tersebut mendapat hasil cukup efektif. Kualitas pembelajaran dinilai dari media, materi, pengajaran dan metode yang cukup baik. Penerimaan materi dinilai dari peserta didik dan lingkungan pembelajaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153824
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301201102_891bb17299a14271ad088fa21a4fd30f.pdfCover1.5 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301201102_4108d6b19783436cace6ec61b37b97a8.pdf
  Restricted Access
Fulltext623.67 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301201102_2f4b7f3cb18f45abb883fec1f7a6f713.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.