Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153137
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNovita, Yopi-
dc.contributor.advisorKurniawati, Vita Rumanti-
dc.contributor.authorHamka, Moh. Saiful Rahman-
dc.date.accessioned2024-07-03T13:46:48Z-
dc.date.available2024-07-03T13:46:48Z-
dc.date.issued2024-07-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153137-
dc.description.abstractPerahu kecil dan ramping biasanya dipasang katir sebagai konstruksi tambahan untuk meningkatkan kestabilannya. Praktik serupa juga terjadi di Pelabuhan Perikanan Palabuhanratu. Masifnya penggunaan katir di sebagian besar pelabuhan perikanan, termasuk Palabuhanratu, menimbulkan kendala sandar karena terbatasnya luas wilayah pelabuhan, sehingga diperlukan modifikasi perahu atau cadik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Menyesuaikan kelangsingan lambung dengan menentukan rasio lebar dan tinggi kapal (B/D) yang tepat dapat menjadi pendekatan potensial untuk menghilangkan cadik. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk menentukan rasio B/D yang ideal untuk kapal tanpa kontruksi katir berdasarkan stabilitas dan ketahanannya sesuai dengan tujuan operasional. Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi terhadap tiga nilai B yang berbeda dengan konstanta D yang masing-masing mengalami dua kondisi operasional yang berbeda, yaitu beban setengah dan beban penuh. Kualitas stabilitas kapal dievaluasi dalam lima parameter yang ditentukan oleh IMO, sedangkan kinerja ketahanan dievaluasi menggunakan analisis perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tujuan operasionalnya, perahu dengan rasio B/D sebesar 1,69 mempunyai performa terbaik untuk dioperasikan tanpa cadik.id
dc.description.abstractSmall and slender boats are usually installed with outrigger as additional construction to enhance its stabilities. The same practices are found in Palabuhanratu fishing port. The massive use of outrigger in most fishing ports, including Palabuhanratu, have led to berthing problems due to limited area of the port basin, hence boat or outrigger modification is required to overcome the problem. Adjusting the hull slenderness by defining the proper breadth and depth (B/D) ratio can be potential approach to eliminate the outrigger. Therefore, this research is designed to define ideal B/D ratio for boat without outrigger based on its stability and resistance in accordance with operational purpose. The study was conducted by simulating three different B values with constant D, each of which experiencing two different operational conditions, half and full loads. The quality of boat stability was evaluated in five parameters defined by IMO, whilst the resistance performance was evaluated using comparison analysis. The result showed that according to its operational purposes, the boat with B/D ratio of 1,69 has the best performance to be operated without outriggerid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleRasio B/D Pengaruhnya terhadap Performa Teknis Perahu Berkatir (Studi Kasus Perahu Berkatir di Palabuhanratu)id
dc.title.alternativeB/D Ratio Effects on Technical Performance of Outrigger Fishing Boats (Case Study of Outrigger Fishing Boats in PPN Palabuhanratu)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordoutrigger constructionid
dc.subject.keywordresistanceid
dc.subject.keywordstabilityid
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_C4503221005_Moh. Saiful Rahman Hamka-2.pdfCover557.54 kBAdobe PDFView/Open
C4503221005_Moh. Saiful Rahman Hamka.pdf
  Restricted Access
Fulltext14 MBAdobe PDFView/Open
lAMPIRAN_C4503221005_Moh. Saiful Rahman Hamka.pdf
  Restricted Access
Lampiran676.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.