Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153090
Title: Manajemen Penangkaran dan Persepsi Pengunjung terhadap Rusa Timor (Rusa timorensis) sebagai Objek Wisata di Kampus IPB Darmaga Bogor
Other Titles: Management and Visitor Perceptions of Timor Deer (Rusa timorensis) as a Tourism Object in Deer Breeding at IPB Campus Darmaga Bogor.
Authors: Masy'ud, Burhanuddin
Nurulaliyah, Keke
Issue Date: 1-Jul-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Keterancaman dari kelestarian populasi dan habitat menjadi pemicu utama dilakukannya upaya konservasi Rusa Timor (Rusa timorensis), salah satunya melalui upaya penangkaran yang dilakukan di Penangkaran Rusa Kampus IPB Darmaga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan Rusa Timor dan menganalisis persepsi pengunjung terhadap pemanfaatan Rusa Timor sebagai objek wisata. Pengumpulan data dilakukan pada Juni hingga Oktober 2023, melalui observasi lapang dan wawancara dengan pengelola, serta penyebaran dan pengisian kuisioner oleh responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlu dipertimbangkan mengenai adanya pengaturan reproduksi untuk menghasilkan populasi dan produktivitas rusa di penangkaran yang sejahtera. Pengunjung memberikan persepsi positif terhadap pemanfaatan rusa sebagai objek wisata dan dapat disimpulkan bahwa responden memiliki daya tarik dan mendukung pengembangan penangkaran. Hubungan tersebut perlu dilakukan perbaikan pengelolaan kesejahteraan terhadap rusa, pengelolaan penangkaran, maupun terhadap pengayaan fasilitas penangkaran dan penambahan sarana dan prasarana di lokasi penangkaran.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/153090
Appears in Collections:UT - Conservation of Forest and Ecotourism

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Keke Nurulaliyah_E34180109_Cover.pdf
  Restricted Access
Cover687.14 kBAdobe PDFView/Open
Keke Nurulaliyah_E34180109_Skripsi Watermark.pdf
  Restricted Access
Skripsi2.33 MBAdobe PDFView/Open
Keke Nurulaliyah_E34180109_Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.