Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152775
Title: Hubungan Peran Pemuda dan Pengembangan Digital Tourism dengan Keberhasilan Pengembangan Desa Wisata (Kasus: Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat
Other Titles: . The Correlation between Role of Youth and Digital Tourism Development with The Success of Tourism Village Development (Case: Kubu Gadang Tourism Village, Padang Panjang City, West Sumatera)
Authors: Kolopaking, Lala M.
Wijaya, Reza Handayani
Issue Date: 11-Jun-2024
Publisher: IPB University
Abstract: Pemuda sebagai agen perubahan dapat menjadi penggerak digital tourism di desa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran pemuda dapat mempengaruhi pengembangan digital tourism, dan dampaknya terhadap pengembangan desa wisata secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 30 orang pemuda yang terlibat dalam pengembangan desa wisata dipilih berdasarkan incidental sampling. Selain mewawancarai secara terstruktur dengan kuesioner, dilakukan juga pengamatan dan wawancara mendalam, wawancara dengan informan dan studi literatur. Data kuantitatif diuji menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan dibahas dan diulas berdasarkan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar peran pemuda maka semakin tinggi pengembangan digital tourism. Adanya digital tourism, membuat desa wisata dapat meningkatkan pelayanan dan pengalaman wisatawan, menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan manajemen dan pemasaran destinasi wisata. Peran pemuda dan digital tourism mempengaruhi keberhasilan pengembangan desa wisata.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/152775
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover Skripsi_Reza Handayani Wijaya_I34170086.pdf
  Restricted Access
Cover440.01 kBAdobe PDFView/Open
Fulltext Skripsi_Reza Handayani Wijaya_I34170086-2.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.07 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran Skripsi_Reza Handayani Wijaya_I34170086-3.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.